Apakah bisa terinfeksi jika berhubungan dengan yang negatif HIV?

SK Info Penanya: SK
Dok, jika saya berhubungan sex dgn pasangan saya dan kami berdua negatif HIV, lalu saya berhubungan sex dgn orang lain yg juga negatif HIV, apakah saya akan terinfeksi HIV? Terimakasih dokter
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore SK,

Penularan virus HIV bisa terjadi karena beberapa cara yaitu dari hubungan seksual yang tidak aman dengan seseorang yang terinfeksi virus HIV, pengguna narkoba suntik terutama yang terkontaminasi HIV, melalui produk darah yang tercemar, dari ibu terhadap bayi saat kehamilan dan melahirkan.

Jika berhubungan dengan yang tidak terinfeksi virus HIV maka risiko akan tertular HIV kecil tetapi jika berganti-ganti pasangan seksual bisa meningkatkan risikonya. Selain itu juga memungkinkan penularan infeksi lain yang bisa menular melalui hubungan seksual seperti infeksi menular seksual, hepatitis B, dan lainnya.

Untuk itu perlu tetap setia dengan pasangan, hindari berganti pasangan seksual, lakukan pemeriksaan tes HIV secara berkala jika melakukan tindakan yang berisiko dan juga bisa menggunakan pengaman seperti kondom saat melakukan hubungan seksual. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

Dr. Adhi P.

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada banyak infeksi oportunistik dan komplikasi HIV, termasuk tuberkulosis dan pneumonia kronis

Waspadai Infeksi Oportunistik dan Komplikasi HIV yang Berbahaya Ini

HIV adalah virus sangat berbahaya yang menyerang kekebalan tubuh manusia. Penderita HIV yang tidak ditangani dengan tepat bisa mengalami infeksi opurtunistik atau komplikasi HIV dan Aids. Ada 20 infeksi oportunistik atau komplikasi HIV dan Aids, seperti : tuberkulosis, limfoma, kanker serviks, dsb.