31 Dec 2020, 16:09Kandungan

Apa efek samping KB suntik 3 bulan ?

ZF
Info Penanya: ZF0
Halo dok, saya sedang menjalani suntik kb 3 bulan. Sudah hampir 3 bulan ini, setiap hari pertama haid sampai hari ke 7, darah yg keluar hanya sedikit2 seperti bercak2 gitu dok. Apakah itu gpp? Bagaimana agar darah yang keluar tidak sedikit2. Karna darah yang keluar sedikit2 itu, haid saya bisa sampai 2 mingguan dok.
2122 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, Z.Penggunaan alat kontrasepsi KB suntik 3 bulan memang sering dipilih oleh wanita untuk mencegah kehamilan. Dimana KB suntik 3 bulan ini merupakan alat kontrasepsi yang efektif, tidak perlu dikonsumsi setiap hari, periode suntik yang lebih lama, dan praktis bisa dihentikan kapan saja. KB suntik 3 bulan ini mengandung homron progestin yang mirip dengan hormon di tubuh wanita yaitu progesteron yang berfungsi untuk mengatur menstruasi.

Bagaiamana cara kerja KB suntik 3 bulan dalam mencegah kehamilan ?

KB suntik 3 bulan yang mengandung hormon progestin, mencegah terjadinya kehamilan dengan cara mengentalkan saluran reproduksi wanita mulai dari vagina hingga ke tuba falopi yang membuat sperma susah masuk dan bretemu sel telur. KB suntik 3 bulan juga mencegah terjadinya ovulasi dan menipiskan dinding rahim dimana dinding rahim dipersiapkan untuk penempelan janin.

Apa efek samping KB suntik 3 bulan ?

Ada beberapa efek samping dari penggunaan KB suntik 3 bulan namun berbeda-beda di tiap wanita, antara lain :
  • Siklus menstruasi menjadi tidak teratur bisa memanjang atau memendek.
  • Menimbulkan nyeri kepala.
  • Perdarahan di luar siklus menstruasi berupa flek kecoklatan.
  • Kesuburan wanita yang sulit kembali.
  • Tulang menjadi rapuh.
  • Tidak melindungi diri dari penyakit menular seksual.
  • Nyeri pada payudara.
  • Meningkatkan berat badan.
Jika keluhan muncul flek kecoklatan yang Anda alami terus berlangsung, haid Anda juga menjadi tidak teratur karena penggunaan KB suntik 3 bulan. Anda dapat mengganti alat kontrasepsi Anda ke alat kontrasepsi yang tidak mengandung hormon seperti IUD untuk menghindari efek samping yang ada. Karena flek kecoklatan yang keluar secara terus menerus juga dapat menganggu hubungan seksual Anda bersama pasangan serta dapat menimbulkan anemia.Anda juga dapat berkonsultasi secara langsung bersama pasangan di dokter spesialis kandungan agar Anda dapat memilih alat kontarsepsi yang sesuai dan cocok untuk Anda. Namun harus dipastikan Anda sedang dalam keadaan tidak hamil saat menggunakan alat kontrasepsi.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
siklus haidmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil