Apakah Bisa Melahirkan Secara Normal dengan Berat Badan 42 kg dan Tinggi Badan 139 cm?

S Info Penanya: S, Wanita, 24 Tahun
Halo dokter, saya memiliki keluhan di bawah pinggul saya, bagian tersebut terasa nyeri. Sementara ini, saya sedang mengandung anak pertama saya dengan usia kehamilan 23 minggu. Kira-kira nyeri yang muncul di bawah pinggul saya karena apa ya dok? Selain itu, apakah saya bisa melahirkan secara normal jika berat badan saya adalah 42 kg dengan tinggi badan 139 cm? Saya akan menunggu balasan dari dokter. Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Halo Ibu S,

Rasa sakit didirasakan dibagian bawah perut adalah diakibatkan karena pembesaran bayi dalam kandungan menyebabkan terjadinya peregangan rahim dan mendorong ke arah bawah rahim, sehingga menyebabkan nyeri. Ibu dapat menggunakan korset khusus untuk kehamilan saat beraktifitas untuk mengurangi rasa nyeri ini. Segeralah beristirahat bila timbul nyeri hebat dan berbaring dengan posisi kaki lebih tinggi dengan diganjal satu atau dua bantal. Penting untuk membedakan rasa nyeri akibat peregangan otot rahim dengan nyeri akibat kontraksi.

Bila nyeri yang dirasakan terlalu hebat, apalagi diiukuti dengan keluarnya darah atau cairan ketuban maka sebaiknya Ibu segera mengunjungi Dokter Kandungan (SpOG) terdekat atau Unit Gawat Darurat di Rumah Sakit terdekat.

Proses melahirkan dikenal dengan dua cara yaitu cara normal pervagina atau secara alamiah dan cara bedah caesar atau caesarian section. Proses melahirkan dengan cara bedah dilakukan bila proses normal tidak dapat dilakukan atau bila tetap dipaksakan melahirkan secara normal akan menyebabkan resiko yang mengancam keselamatan ibu dan atau bayinya.

Indikasi melahirkan dengan cara bedah caesar adalah :

  • Kelahiran beresiko terhadap keselamatan ibu dan bayi
  • Proses kelahiran normal yang lama dan tidak maju menyebabkan kelelahan fisik dan psikis pada ibu dan mengancam keselamatan bayi
  • Detak jantung bayi tidak normal, gangguan atau halangan pernapasan pada bayi, penyakit preeklamsia pada ibu
  • Pecahnya ketuban sebelum waktunya, stress bayi
  • Ibu menderita sakit yang memberatkan seperti sakit jantung, sakit herpes, sakit kencing manis dan
  • hipertensi
  • Adanya tumor pada jalan lahir yang menghalangi bayi
  • Bayi lebih dari satu (kembar)
  • Berat badan bayi lebih dari 4kg (bayi besar)
  • Kegagalan persalinan normal dengan alat bantu forceps dan induksi
  • Kelainan pada tali pusat seperti tali pusat putus, tali pusat menghalangi jalan lahir dan tali pusat terlepas
  • Kepala bayi dan punggung bayi besar tidak dapat melewati panggul ibu
  • Pernah melajirkan secara bedah caesar sebelumnya, namun hal inimasih dalam perdebatan

Pada pengalaman lama, tinggi badan ibu dibawah 160cm merupakan indikasi tersendiri untuk melahirkan secara bedah caesar, karena dikaitkan dengan ukuran panggul Ibu. Namun berdasarkan data yang dikumpulkan banyak persalinan normal yang dapat berjalan mulus walaupun ibu memiliki tinggi badan dibawah 160cm.

Sebenarnya ada 4 kondisi yang sangat menentukan apakah persalinan normal dapat berjalan sempurna yaitu :

  1. Ukuran panggul ibu cukup, namun ukuran kepala dan bahu janin lebih besar sehingga tidak dapat melewati panggul ibu
  2. Ukuran panggul ibu kecil, ukuran kepala dan bahu bayi normal  sehingga tidak dapat melewati panggul Ibu
  3. Ukuran pinggul sesuai dan pas dengan ukuran kepala dan punggung bayi, persalinan normal dapat berlangsung
  4. Ukuran pinggul sesuai dan pas dengan ukuran kepala dan punggung bayi, namun ibu tidak bisa mengedan dan bayi sakit maka persalinan normal tetap tidak bisa dilakukan.

Untuk kepastian ukuran panggul ibu dan penafsiran berat badan bayi yang sesuai, dapat diperkirakan dan diukur oleh Bidan dan Dokter Kandungan sebelum hamil atau saat kehamilan tua.

Selalu rajin untuk melakukan kontrol kehamilan di Bidan atau Dokter Kandungan (SpOG) rutin sebulan sekali, supaya setiap ancaman terhadap kehamilan dapat diketahui sejak dini dan dapat ditangani.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Langkah-langkah mempersiapkan kehamilan perlu diambil untuk mewujudkan kehamilan dalam rumah tangga.

7 Tips Mempersiapkan Kehamilan

Langkah-langkah yang tepat perlu diambil saat mempersiapkan kehamilan agar dapat membuahkan hasil. Langkah mempersiapkan kehamilan yang dapat diambil, antara lain: berkonsultasi dengan dokter sebelum mempersiapkan kehamilan, memeriksakan kesehatan gigi dan mulut, menghentikan konsumsi rokok dan alkohol, dan sebagainya.