Apakah bisa melahirkan dengan bpjs?

VM Info Penanya: VM, Wanita, 19 Tahun
Siang Dok, Saya mau tanya apakah bisa melahirkan menggunakan Kartu KIS? Tapi KTP saya statusnya masih belum kawin dan KK saya masih ikut orang tua belum di perbarui dengan suami saya. Terimakasih dok sebelumnya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang VM,

KIS adalah Kartu Indonesia Sehat yang merupakan kartu untuk identitas sebuah program penjaminan kesehatan yang dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS. Untuk manfaat sendiri dari KIS cukup beragam baik pemeriksaan kesehatan ataupun apabila memerlukan penanganan masalah kesehatan. 

Melahirkan sendiri bisa tercover oleh KIS dimana untuk prosedurnya perlu mengikuti ketentuan yang berlaku. Mengenai status kependudukan dan status perkawinan ada baiknya untuk segera diperbaharui di kantor kelurahan ataupun dinas terkait misalnya dinas kependudukan dan catatan sipil. 

Untuk itu ada baiknya melakukan pemeriksaan kesehatan kehamilan berkala selama kehamilan pada fasilitas kesehatan terdekat atau sesuai tempat terdaftarnya agar dilakukan pemeriksaan kehamilan secara berkala dan ditentukan mengenai kondisi kehamilan apakah bisa dilakukan persalinan baik secara normal ataupun apabila ada kondisi lain yang memerlukan perawatan lebih lanjut ke rumah sakit.

Beberapa pemeriksaan akan dilakukan mulai dari pemeriksaan kondisi kandungan itu sendiri, pemeriksaan USG, pemeriksaan kesehatan ibu seperti ada tidaknya penyakit yang berisiko ditularkan pada bayi seperti hepatitis B, sifilis, HIV dan juga kondisi kesehatan lainnya. Jaga juga asupan nutrisi agar kehamilan bisa berjalan sehat sampai persalinan nantinya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Biaya operasi Caesar dengan indikasi medis dapat ditanggung oleh BPJS Kesehatan

Biaya Operasi Caesar Bisa Ditanggung BPJS Kesehatan, Ini Syaratnya

Seperti halnya operasi besar lain, ada beberapa risiko pada persalinan melalui prosedur Caesar. Selain risiko tersebut, mungkin yang juga Anda pertimbangkan adalah biaya operasi Caesar. Namun tenang saja, BPJS Kesehatan menanggung biaya persalinan melalui prosedur Caesar.