Apakah bisa hamil walaupun pengeluaran sperma diluar vagina?

AM Info Penanya: AM
Dokter saya ingin bertanya. Jika si suami membuang spermanya di atas bulu kemaluan kita. Lalu si suami memasukan kembali penisnya ke dalam vagina kita. Apakah akan bisa terjadinya pembuahan atau tidak dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Siang, A.

 

Pembuahan terjadi ketika sperma masuk kedalam liang vagina yang terjadi dari proses hubungan intim yaitu masuknya penis ke liang vagina atau proses bayi tabung.

Sperma itu dapat bergerak namun lama sperma hidup di luar tubuh sekitar 20-60 menit, tetapi kemungkinan Anda untuk hamil masih dapat terjadi ya karena mungkin masih terdapat sperma di penis yang kembali masuk ke vagina.

 

Untuk memastikannya diharapkan test pack ya dengan mencelupkan test pack ke urine anda. Hasil positif hamil jika ada dua garis merah pada test pack tersebut. Lalu segera ke dokter kandungan untuk mendapatkan nutrisi tambahan dan mengecek kondisi kehamilan Anda.

 

Tanda kehamilan yang dapat dialami :

 

- Mual

- Muntah

- Keluar flek hitam dari vagina

- Kram perut

- Sensitif terhadap bau-bauan

- Kehilangan nafsu makan

- Perubahan bentuk payudara menjadi makin membesar 

- Perubahan mood menjadi mudah marah, sedih.

 

 

Semoga bermanfaat ya

Salam Sehat

dr. Karlina

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keamanan menyusui saat hamil masih banyak diperdebatkan

Amankah Menyusui saat Hamil? Ini Penjelasannya

Hamil lagi setelah melahirkan dapat terjadi pada sebagian orang. Kondisi di mana ibu hamil perlu menyusui bayinya yang masih kecil pun kerap ditemui. Di sisi lain, keamanan menyusui saat hamil masih banyak diperdebatkan.