Apakah bisa hamil setelah menjalani 2 kali siklus haid?

H Info Penanya: H, Pria, 2019 Tahun
Dok saya mau tanya ,apakah bisa hamil setelah sudah menjalani 2x siklus haid ??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang H,

Pembuahan dapat terjadi ketika sel telur dibuahi oleh sel sperma dimana sel telur sudah diproduksi oleh wanita yang ditandai dengan siklus menstruasi setiap bulannya. Apabila setelah menjalani 2 kali siklus menstruasi melakukan hubungan seksual dan terjadi proses pembuahan pada sel telur oleh sperma tentunya bisa hamil.

Kecuali jika ada faktor lain yang membuat pembuahan tidak terjadi seperti misalnya sperma yang tidak bisa membuahi sel telur akibat beberapa penyebab seperti penggunaan kontrasepsi, proses pematangan sel telur yang gagal, sperma yang tidak sehat dan lainnya.

Tetapi jika pertanyaannya adalah hubungan seksual atau upaya pembuahan dilakukan sebelum menstruasi lalu terjadi 2 siklus menstruasi setelahnya, maka bisa dikatakan tidak terjadi proses pembuahan atau kehamilan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Selalu jalani pemeriksaan janin berkala, untuk mengantisipasi pertumbuhan janin terhambat (PJT)

Ini Komplikasi akibat Pertumbuhan Janin Terhambat

Pertumbuhan janin terhambat atau PJT adalah gangguan yang menyebabkan komplikasi pada saat sebelum kelahiran, pada saat persalinan, maupun setelah bayi dilahirkan. Janin atau bayi yang baru lahir dengan PJT, akan tampak lebih kecil dibandingkan dengan janin atau bayi dengan usia kehamilan yang sama.