Apakah bisa hamil bila cairan pra ejakulasi masuk ke dalam vagina?

SU Info Penanya: SU
Malam dok, apakah cairan pra ejakulasi itu bisa menyebabkan kehamilan, dan tidak ada ejakulasi sebelumnya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore SU,

Cairan pra ejakulasi adalah cairan yang keluar beberapa saat sebelum seorang pria mengalami ejakulasi, dan cairan ini memang sudah mengandung sperma, meski jumlahnya jauh lebih sedikit bila dibandingkan dengan cairan yang keluar saat ejakulasi. Namun bukan berarti tidak bisa menimbulkan kehamilan, karena hanya dibutuhkan 1 sperma untuk terjadinya kehamilan. Sedangkan bila seseorang ejakulasi bisa mengeluarkan sperma sebanyak 20 juta sperma setiap 1 mililiternya.

Jadi selama penis menempel pada vagina, atau ada cairan pra ejakulasi yang menempel pada vagina, misal jari bekas cairan menyentuh vagina, maka masih mungkin terjadi kehamilan. Oleh karena itu kenapa seseorang hanya melakukan petting tapi bisa hamil, karena sperma sendiri bisa bertahan hidup sampai 5 hari di dalam vagina.

Bila Anda dan pasangan belum siap hamil, maka sebaiknya gunakan kondom atau KB untuk mencegah kehamilan. Ada banyak KB yang bisa pasangan Anda pilih misal pil KB, suntik KB, implan, atau pemasangan IUD. Dan sebisa mungkin hindari berhubungan seksual di masa subur untuk mengurangi kemungkinan terjadinya kehamilan. Lakukan tes pack seandainya pasangan Anda terlambat haid.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara menghitung HPL tanpa ke dokter

Cara Menghitung HPL dengan Mudah untuk Mengetahui Perkiraan Kelahiran Si Kecil

Cara menghitung HPL dapat Anda lakukan dengan mudah dan sederhana dari rumah. Tak selalu akurat, namun ini dapat membantu Anda mempersiapkan persalinan.