Apakah bisa hamil jika sudah menstruasi?

R Info Penanya: R, Pria, 25 Tahun
Selamat siang dok,,, istri saya jadwal haid tanggal18 april tetapi blom haid dan di tanggal itu kita berhubungan intim , lalu tanggal 26 april istri saya haid selama 8 hari,,,apakah masih bisa hamil dok secara sudah terjadi menstruasi?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore R,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Menstruasi merupakan proses keluarnya darah dari vagina yang terjadi diakibatkan siklus bulanan alami pada tubuh wanita. Siklus ini merupakan proses organ reproduksi wanita untuk bersiap jika terjadi kehamilan. Persiapan ini ditandai dengan penebalan dinding rahim (endometrium) yang berisi pembuluh darah. Jika tidak terjadi kehamilan, endometrium akan mengalami peluruhan dan keluar bersama darah melalui vagina.

Kehamilan merupakan proses yang terjadi dari pembuahan sampai kelahiran. Proses ini dimulai dari sel telur yang dibuahi oleh sperma, lalu tertanam di dalam lapisan rahim, dan kemudian menjadi janin.

Berdasarkan keterangan yang Anda berikan, Anda melakukan hubungan kemudian beberpa hari berikutnya istri Anda menstruasi, kemungkinan besar tidak terjadi kehamilan. Jika Anda dan istri ingin menunda kehamilan lebih baik menggunakan kondom atau alat kontrasepsi lainnya. Namun jika ingin segera hamil, sebaiknya lakukan hubungan pada masa subur. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, jangan ragu untuk berkonsultsi ke dokter kandungan.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh R
22 May 2020, 21:32
Dokkk jadii berhubungan lalu sudah haid apakah kehamilan tidak ada ataukah masih ada tetapi kecil??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
23 May 2020, 11:06
Selamat pagi R,
Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, berhubungan kemudian terjadi menstruasi, kemungkinan tidak terjadi kehamilan, namun pembuahan itu tidak bisa di pastikan kapan, jadi jika istri Anda terlambat menstruasi pada bulan berikutnya, sebaiknya lakukan testpack.
Salam sehat.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tradisi Tujuh Bulanan dan Perkembangan Janin 30 Minggu

Orangua pasti akan selalu memantau perkembangan anaknya dari masih dalam kandungan sampai sudah dewasa. Saat berada pada tahapan janin 30 minggu, sang buah hati sudah berukuran kurang lebih sebesar kubis atau brokoli.