Apakah bisa hamil jika tidak penetrasi tetapi ejakulasi di luar?

ME Info Penanya: ME, Wanita, 24 Tahun
Halo dok, kalau misalnya suami saya belum sempet penetrasi tapi sudah keluar duluan, itu gimana ya dok? Bakal tetep bisa hamil gak?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, M.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kehamilan merupakan proses bertemunya sel sperma dan sel telur di saluran tuba falopi sehingga terjadilah pembuahan. Tetapi perlu diingat, keberhasilan suatu kehamilan dapat terjadi karena ada beberapa faktor yang mendukung.

Faktor-faktor tesebut, yaitu:

  • Kualitas sperma yang baik.
  • Melakukan hubungan seks saat masa subur wanita. 
  • Melakukan ejakulasi di dalam vagina.
  • Posisi seks.
  • Frekuensi melakukan hubungan seksual. 

Terkait dengan kondisi Anda ini, jika suami Anda melakukan ejakulasi di luar vagina dan belum sempat penetrasi ke dalam vagina, maka kemungkinan tidak akan terjadi kehamilan karena tidak ada sperma yang masuk ke dalam vagina. Tetapi, jika suami Anda sudah sempat penetrasi ke dalam vagina dan melakukan ejakulasi di luar vagina, maka kemungkinan untuk hamil masih ada. Ini disebabkan karena pada saat penis penetrasi ke vagina, penis mengeluarkan cairan yang bernama cairan pra-ejakulasi. Cairan ini mengandung sperma. Sehingga ada kemungkinan bahwa sperma masih bisa masuk ke dalam vagina. 

Untuk memastikannya kembali, Anda bisa melakukan tes kehamilan yaitu testpack jika Anda mengalami telat haid di bulan depan.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bercinta saat haid perlu dilakukan dengan cara yang benar

Ini yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Bercinta Saat Haid

Bercinta saat haid mungkin masih dianggap sebagai suatu hal yang tabu bagi sebagian besar orang. Meski memiliki berbagai manfaat, ada pula sederet risiko yang patut diwaspadai mengenai berhubungan seks saat haid ini.