Apakah bisa hamil pasca menstruasi 4 hari?

MA Info Penanya: MA, Wanita, 20 Tahun
dok saya berhubunga suami istri saat haid hari ke 4, siklus haid saya teratur 28 hari dok. dan stelah berhubungan saya lngsung minum kondar postpil andalan. apakah ada peluang saya untuk hamil dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, M.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Waktu yang tepat untuk berhubungan seksual agar cepat hamil yaitu saat masa subur. Masa subur dihitung di hari ke 14 setelah hari terakhir haid dengan kondisi sikls haidnya 28 hari. Kadangkala siklus bisa menjadi lebih Panjang atau bisa juga menjadi lebih pendek. Masa subur ditandai dengan peningkatan suhu tubuh, keluarnya cairan vagina atau keputihan, payudara lebih sensitif, perut kembung, kram di bagian perut bawah, dan terkadang keluar bercak darah dari vagina.

Pada hari ke 4 setelah menstruasi, biasanya bukan merupakan masa subur. Jadi, jika Anda melakukan hubungan intim saat itu, kemungkinan untuk hamil sangatlah kecil karena kondisi hormon belum stabil. Ditambah juga, Anda mengkonsumsi obat kontrasepsi darurat setelahnya. Jadi, dapat mengurangi peluang Anda untuk hamil. Tapi, untuk memastikannya kembali, Anda bisa melakukan testpack satu minggu setelah melakukan berhubungan intim atau Anda bisa melakukan pemeriksaan langsung ke dokter kandungan agar dapat dilakukan pemeriksaan USG.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Alat kontrasepsi kondom dipercaya mampu menghambat risiko penularan vaginosis bakteri.

Penggunaan Alat Kontrasepsi Ini Tingkatkan Risiko Vaginosis Bakteri

Salah satu faktor penyebab dari vaginosis bakterial adalah penggunaan alat kontrasepsi seperti kondom dan pil kontrasepsi. Vaginosis bakteri ini dapat meningkatkan risiko utama keputihan pada wanita yang sedang dalam masa subur.