Apakah bisa hamil lagi setelah operasi miom

ZA Info Penanya: ZA, Pria, 2019 Tahun
Dok, kaka saya kan dulu hamil baru 4 bulan, terus pas periksa kandungan ternyata ada penyakit miom dan dokter menganjurkan operasi,, pas operasi ternyata kaka saya mengalami keguguran, dan jalur sperma yg menuju ke rahim d putus,, apakah kaka saya masih bisa hamil lagi dok, setelah jalur itu d putus?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam ZA

Mioma uteri adalah tumor jinak pada rahim, keberadaan mioma pada rahim akan mempersulit dan berbahaya pada suatu kehamilan karena dapat memicu perdarahan selama hamil dan menutupi jalan lahir selama persalinan. Salah satu jalan untuk menghilangkan mioma adalah melalui operasi, namun operasi tersebut memiliki resiko keguguran jika dilakukan pada saat sedang hamil.

Jika tindakan operasi yang dilakukan hanya sebatas pengangkatan mioma saja dan tidak mengangkat rahim seluruhnya maka masih memungkinkan untuk hamil karena sperma masih bisa bertemu sel ovum dan terjadi implantasi di  dinding rahim, jika tindakan operasi yang dilakukan adalah pengangkatan rahim seluruhnya karena mioma cukup besar maka akan sulit untuk hamil lagi.

Saya sarankan agar berkonsultasi lagi dengan dokter kandungan yang melakukan operasi untuk tahapan penyembuhan dan kapan bisa  memulai untuk hamil lagi pasca operasi. 

Salam sehat

dr. Zulham

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat penguat kandungan biasanya diresepkan dokter untuk mencegah keguguran berulang

Obat Penguat Kandungan Ini Dianggap Efektif Mencegah Keguguran

Untuk mencegah keguguran berulang, dokter biasanya meresepkan obat penguat kandungan bagi wanita hamil. Apa saja jenis obat ini? Benarkah obat ini efektif mencegah keguguran?