Apakah bisa hamil jika pengobatan ENL?

NI Info Penanya: NI, Wanita, 30 Tahun
Saya umur31 tahun... Saya riwayat sakit kulit... Klo dokter kulit bilang ENL... Sudah lama konsumsi obat metil dan natrium diclofenak... Yg saya tanyakan apa saya bisa hamil/punya anak? Karna sudah lama konsumsi obat itu? Sedangkan saya sudah 2 tahun menikah...???sampai sekarang blm di kasih momongan...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang NI,

ENL adalah eritema nodosum leprosum atau infeksi bakteri Mycobacterium leprae atau disebut juga penyakit kusta. Tipenya sendiri dapat beragam mulai dari yang lesinya lebih sedikit ataupun yang multipel. Jika sudah didiagnosa maka perlu diobati selama 1 tahun agar tidak menimbulkan kerusakan saraf. Tipe ENL sendiri merupakan infeksi kusta tipe multibasiler yang memerlukan pengobatan yang lebih lama dari tipe pausibasiler.

Untuk hamil sendiri jika tidak ada gangguan pada organ reproduksi tentunya bisa. Jika pengobatan telah selesai perlu dilakukan pemantauan dan evaluasi baik pada diri Anda dan juga pasangan untuk menilai ada tidaknya gangguan yang memicu infertilitas. Nantinya juga bisa dilakukan program hamil untuk segera bisa memiliki momongan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit kusta bisa menimbulkan kerusakan saraf, apabila tidak segera ditangani

5 Fakta Kusta, Penyakit yang Penularannya Seakan Tak Kasat Mata

Penyakit kusta adalah suatu infeksi yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium leprae. Penderita kusta bisa mengalami gangguan pada saraf, kulit, mata, dan bagian dalam mukosa hidung. Berikut 5 fakta tentang penyakit kusta.