Apakah bisa dari persalinan sesar ke normal?

KA Info Penanya: KA, Wanita
DOk saya mau tanya apa bisa dr persalinan seacar ke normal
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang KA,

Metode persalinan cukup beragam mulai dari persalinan normal, persalinan normal yang dibantu tindakan medis, ataupun melalui tindakan operatif seperti operasi caesar. Persalinan ini ditentukan oleh kondisi kandungan itu sendiri apakah bisa dilakukan persalinan normal atau perlu dilakukan tindakan operatif ataupun bisa dilakukan operasi elektif atas permintan sendiri.

Jika pertanyaannya adalah sebelumnya pernah dilakukan operasi caesar dan apakah bisa melahirkan normal pada kehamilan berikutnya maka jawabannya adalah bisa. Kondisi ini disebut dengan vaginal birth after caesarian (VBAC) tetapi ada beberapa persyaratan seperti:

  • Tidak ada gangguan kehamilan
  • Operasi caesar terakhir minimal 2 tahun
  • Tidak sedang hamil kembar
  • Memenuhi syarat persalinan normal
  • Baru 1 kali dilakukan operasi caesar
  • Tidak melewati usia kehamilan 40 minggu

Untuk itu lakukan kontrol berkala pada dokter kandungan dan konsultasikan mengenai kondisi kehamilan Anda apakah memungkinkan untuk melahirkan normal. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gawat janin mengindikasikan bahwa bayi dalam kandungan Anda tidak sehat

Waspada! Gawat Janin akibat Gangguan Peredaran Darah

Waspada kondisi gawat janin dapat berisiko bagi kehamilan dan dapat mempersulit persalinan. Dalam kondisi gawat janin, bayi tidak mendapatkan asupan oksigen yang cukup sehingga menyebabkan bayi kekurangan oksigen. Gawat janin menjadi indikasi bahwa janin dalam kandungan Anda tidak sehat dan mempengaruhi detak jantung janin yang tidak normal.