Apakah bisa 11 hari pembuahan bisa langsung hamil ?

F Info Penanya: F, Wanita
Saya baru nikah tgl 16 November, terakhir kali haid tgl 17 Oktober. Sampai dgn tgl 28 November ini saya belom haid juga, tapi perut saya seperti bengah (full), adanya kram perut tapi, setiap bangun pagi seperti meriang, selera makan seminggu ini meningkat, 2 kali saya merasakan bau yg ngengat, tapi orang sekitar saya tidak merasakan bau apapun. Dan tadi saya test pack ternyata hasilnya negatif. Apakah bisa 11 hari pembuahan bisa langsung hamil dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi F,

Kehamilan akan terjadi ketika sperma bertemu dengan sel telur dimana sel telur ini akan dilepaskan ketika wanita sedang masa subur. Sehingga berhubungan seksual di rentang masa subur dapat memperbesar kemungkinan terjadinya kehamilan. Untuk menentukan masa subur perlu diketahui siklus haidnya, yang rata-rata wanita akan memiliki siklus haid 28 hari, namun siklus haid 21-35 hari masih tergolong normal.

Bila Anda memiliki siklus haid yang teratur misal 28 hari jarak setiap bulannya, maka bila Anda haid di tanggal 13-17 Oktober, maka perkiraan masa ovulasi Anda ada di tanggal 13 Oktober + (28 hari : 2 ) = 27 Oktober. Maka bila Anda berhubungan seksual di tanggal 25-30 Oktober maka besar kemungkinan untuk terjadinya kehamilan. Bila Anda berhubungan seksual di tanggal 16 November maka kecil kemungkinan untuk terjadinya kehamilan. Namun bila siklus haid Anda tidak teratur ( bisa maju atau bisa mundur), maka akan sulit menentukan perkiraan masa suburnya.

Selain kehamilan, Anda juga perlu mengetahui beberapa penyebab lain haid terlambat atau tidak teratur yaitu stres, kelelahan, penurunan berat badan yang ekstrem, endometriosis, PCOS, dll.

Untuk memastikan kehamilan, Anda bisa melakukan test pack ulang 1 minggu lagi, bila hasilnya negatif maka Anda tidak sedang hamil. Bila keluhan menetap, segera periksa ke dokter.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Stunting dapat disebabkan oleh kurangnya asupan nutrisi pada ibu hamil dan anak

Pencegahan Stunting Penting Dilakukan, Ini Caranya

Stunting atau masalah gizi pada anak sangat penting untuk dicegah. Hal itu disebabkan stunting memengaruhi tumbuh kembang anak. Pencegahan stunting dapat dilakukan sejak masa kehamilan dan pemberian asupan nutrisi yang cukup pada anak. Oleh karena itu, stunting dan upaya pencegahannya sangat penting untuk diketahui oleh para wanita yang berencana atau sudah memiliki anak.