16 Dec 2020, 07:11Pernapasan

Apakah berpacaran bisa menularkan virus covid-19?

T
Info Penanya: T0
Dok, tadi saya abis pacaran sama cowo saya, biasalah orang pacaran ada kissing, cuddling gitu. Eh tapi barusan saya sampai rumah katanya ayah saya kena covid. Apakah ini berarti pacar saya juga kena covid? Apakah berpacaran bisa menularkan virus covid-19?
220 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang, T.COVID-19 atau Corona Virus Disease 2019 adalah sebuah penyakit yang saat ini sedang menjadi pandemi di berbagai negara dunia. Penyebab penyakit ini adalah infeksi dari SARS-nCoV-2, yang termasuk ke dalam golongan Coronavirus. Cara penularan penyakit ini adalah melalui percikan dahak, bersin, atau air ludah penderita yang terhirup secara langsung maupun tidak langsung (menempel di benda-benda kemudian menyentuh wajah).Mengenai kasus Anda, perlu dipastikan terlebih dahulu apakah Anda benar-benar positif atau tidak. Pasalnya, walaupun tinggal serumah, apabila Anda jarang mengobrol dengan ayah, lalu tidur di kamar berbeda (misalnya Anda di lantai bawah dan ayah di lantai atas), maka mungkin saja Anda tidak tertular.Jadi, saat ini, Anda sebaiknya melakukan swab test terlebih dahulu untuk memastikan. Sambil menunggu hasil swab test, pastikan Anda selalu melakukan hal-hal berikut:
  • menjaga jarak dengan orang lain
  • memakai masker
  • mencuci tangan secara rutin
  • menjaga kekebalan tubuh (makan bergizi, tidur cukup, dan berolahraga rutin)
Apabila nantinya ternyata Anda benar-benar positif, maka ada kemungkinan pacar Anda juga terinfeksi. Pasalnya, aktivitas berciuman pastinya menyebabkan pertukaran air ludah, yang dapat mentransmisikan virus tersebut. Apabila demikian, lakukan swab test juga bagi pacar Anda, ya. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
infeksi viruscoronavirusvaksin corona
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil