Apakah berolahraga pagi dapat mengurangi ngantuk disiang hari ?

RB Info Penanya: RB, Pria, 34 Tahun
saya sering kali ngantuk di siang hari. apa dengan berolah raga di pagi hari, bisa membuat saya gak ngantuk lagi?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, RB.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Mengantuk di siang hari mungkin pernah dialami oleh setiap orang dengan berbagai penyebab yang dapat berbeda pada setiap individu yang merasakannya. Dari kuantitas hingga kualitas tidur yang terganggu oleh aktivitas fisik berlebih maupun psikis yang sedang tidak stabil. Sebagian orang mengonsumsi kopi untuk mengatasi hal tersebut, namun ternyata konsumsi kopi bukanlah solusi jangka panjang yang baik. Kandungan kafein dalam kopi yang dikonsumsi berlebihan dalam jangka panjang justru dapat mengganggu waktu tidur dan menurunkan kualitas tidur.

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan kantuk di siang hari :
  • Mengkondisikan diri untuk terkena cahaya matahari
  • Mengonsumsi makanan sehat sebagai sarapan
  • Bergerak lebih aktif 
  • Latihan mengolah pernapasan

Mengenai keluhan mengantuk yang sering Anda rasakan di siang hari mungkin terjadi karena kualitas tidur Anda yang kurang dan dapat disebabkan oleh berbagai kondisi seperti gangguan tidur. Apabila terdapat indikasi gangguan tidur seperti sulit masuk tidur, sering terbangun saat tidur, adanya sensasi tidak nyaman pada kaki saat berbaring hendak tidur dan gejala gangguan tidur lainnya, sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter agar akar penyebabnya dapat ditangani.

Berolahraga juga merupakan salah satu solusi yang baik untuk Anda lakukan karena berolahraga dapat meningkatkan kebugaran dan perhatian, serta menghasilkan hormon endorfin yang baik bagi suasana hati sehingga dapat menghilangkan rasa kantuk di siang hari. Namun, hindari berolahraga terlalu berat atau berlebihan karena dapat membuat Anda menjadi kelelahan.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Butuh waktu sampai akhirnya engkel patah yang dialami Andre Gomes sembuh. (Sumber: https://www.evertonfc.com/)

Andre Gomes Cedera Parah, Bagaimana Proses Penangangan dan Penyembuhan Engkel Patah?

Gelandang asal Portugal itu mengalami engkel patah saat membela Everton pada laga yang berlangsung hari Minggu (3/11). Ketika insiden horor itu terjadi, Andre Gomes berteriak, sehingga membuat para pemain lain syok melihatnya.