Apakah bermasalah jika tidur dengan menggunakan handset?

MA Info Penanya: MA
halo dok, mau tanya nih.. kalau misalnya tidur menggunakan Handset TAPI dalam kedaaan tidak di colok ke hp cuma pasang ketelingah begitu saja untuk menghindari keributan agar bisa tidur nyenyak.. Apa itu tidak masalah dok ? atau ada efek ntah pendengaran bisa berkurang atua gimana dok ? Mohon Bantuannya Dol !
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore MA,

Handset, earphone atau alat bantu dengar lain fungsinya adalah untuk membantu mendengarkan. Jika tidur menggunakan alat bantu dengar tersebut dalam keadaan mati dapat menimbulkan beberapa masalah karena bentuknya yang keras sehingga bisa menekan tulang telinga dan juga bisa memicu kerusakan pada alat tersebut. Selain itu juga bisa memicu pertumbuhan kuman pada alat bantu dengan yang tidak diperhatikan kebersihannya.

Jika merasakan lingkungan bising, disarankan menggunakan earplug yang lebih aman dan lebih nyaman pada telinga sehingga tidak menekan tulang dan daun telinga yang bisa menimbulkan rasa nyeri. Pilih yang ukurannya sesuai agar bisa mengisolasi dari bising dan bersihkan secara berkala untuk mencegah pertumbuhan mikroorganisme yang bisa memicu infeksi pada saluran telinga. Jika timbul rasa nyeri, penurunan pendengaran, demam, keluar kotoran atau cairan dari telinga periksakan diri pada dokter ahli THT agar mendapatkan penanganan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Lubang kecil di telinga atau preauricular pit muncul sejak lahir namun hanya sedikit orang yang memilikinya

Lubang Kecil di Telinga Atau Preauricular Pit, Bawaan Lahir yang Tidak Berbahaya

Lubang kecil di telinga atau preauricular pit tidak berbahaya, namun jika terinfeksi perlu ditangani dengan antibiotik. Biasanya lubang kecil ini muncul sejak lahir namun hanya sedikit orang yang memilikinya.