Apakah berlebihan mengkonsumsi madu bisa mengakibatkan nyeri perut dan berat badan turun?

FA Info Penanya: FA, Pria, 38 Tahun
Asalam walaikum...Dokter untuk mengatasi atau obat yg baik untuk penyembuhan karena berlebihan mengkomsumsi madu...obatnya apa... Karena sakit yang dirasakan dibagian perut dan berat bedan turun
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, FA

Terlalu banyak mengkonsumsi madu berpengaruh pada kelebihan gula dan kalori. Jadi harusnya berat badan bertambah. Berat badan bisa berkurang jika Anda terkena diabetes, tapi diabetes tidak membuat nyeri perut. Bisa juga nyeri perut jika Anda terlalu banyak konsumsi madu, tapi setelah Anda hentikan nyeri perut juga akan berkurang. 

Bahkan jika Anda mengganti gula dengan madu berkualitas dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung seperti kolesterol. Tapi memang bisa menjadi penyebab diabetes dan kegemukan jadi tidak disarankan penggunaan yang berlebihan.

Bila perut Anda terasa nyeri kemungkinan karena iritasi saluran cerna bisa karena terlalu manis atau produknya kurang bersih. Stop madunya dan bisa menggunakan obat nyeri dan obat maag yang dijual bebas di pasaran. Bila keluhan tidak membaik Anda bisa konsultasi dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Terutama untuk mencari tahu penyebab berat badan Anda turun. Saya lampirkan artikel Madu dan Janji Manisnya untuk Kesehatan Anda.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab sakit perut perlu diketahui agar paham kapan harus menghubungi dokter

Kenali Penyebab Sakit Perut agar Dapat Penanganan yang Tepat

Penyebab sakit perut bermacam-macam bentuknya, biasanya disebabkan oleh gangguan pencernaan, sembelit, infeksi perut, atau kram saat menstruasi bagi wanita. Sakit perut juga dapat disebabkan oleh penyakit, seperti IBS, Crohn, keracunan makanan, alergi makanan, hingga GERD.