Apakah beresiko hamil jika flek masih keluar?

MK Info Penanya: MK, Wanita, 24 Tahun
Dok saya sudah selesai haid tapi pagi hari masih ada flek coklat sedikit siangnya saya berhubungan seks dan sperma suami saya ditinggal di dlm sampai 2kali, stelah itu flek coklat tidak keluar lagi. Lalu keesoken harinya flek coklat keluar lagi sedikit sja. Apakah saya beresiko hamil? Apakah besar kemungkinan bisa hamil dok. Apakah ovulasi bisa terjadi jika flek coklat masih keluar setelah hubungan seks?? Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang MK,

Normalnya siklus haid seorang wanita berkisar antara 21-35 hari, dengan durasi antara 2-7 hari. Sedangkan masa ovulasi sendiri tergantung pada siklus haidnya berapa lama. Bila siklusnya 21 hari, dan misal mulai haid di tanggal 1 januari, maka masa ovulasi ada di tanggal 11 januari, maka besar kemungkinan untuk hamil bila berhubungan seksual di tanggal 9-13 januari. Tapi perkiraan tersebut tentunya dengan catatan siklus haidnya teratur.

Berdasarkan kronologi yang Anda ceritakan, sangat kecil kemungkinan untuk terjadinya kehamilan, karena Anda berhubungan seksual langsung setelah masa haid berhenti. Perihal flek kecoklatan yang muncul kembali bisa disebabkan oleh sisa darah haid yang belum keluar atau adanya perdarahan pada serviks akibat penetrasi penis yang terlalu dalam.

Sementara yang dapat Anda lakukan adalah hindari berhubungan seksual untuk sementara waktu sampai benar-benar tidak keluar darah atau flek sama sekali dan selalu jaga kebersihan area kelamin dengan cara membasuh dari depan ke belakang dan pastikan minum air putih minimal 2 liter/ hari.

Bila ada perdarahan diluar siklus haid, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala umum pada kanker ovarium adalah perut kembung.

10 Gejala Kanker Ovarium yang Sering Tak Disadari

Gejala kanker ovarium seringkali tidak disadari oleh wanita, hingga menyebabkan kondisi tersebut semakin gawat. Namun, ada beberapa gejala kanker ovarium yang dapat dirasakan secara umum seperti perut kembung, nyeri perut, siklus menstruasi yang abnormal hingga sakits saat behubungan seksual.