Apakah berbahaya saat bayi menelan kertas minyak?

KK Info Penanya: KK
Malam dok, maaf ini sangat mendesak. Anak saya menelan kertas minyak kurang lebih 3 cm, karna tadi saya melihat dilidah anak saya ada serpihan kertas minyak, mohon pencerahannya ya dok, terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam KK,

Kertas minyak adalah termasuk benda asing, yang jika tertelan oleh bayi tidak bisa diproses oleh tubuh. Jika tertelan dan masuk sampai saluran pencernaan tidak perlu khawatir karena akan terbawa keluar bersama kotoran bayi. 

Yang berbahaya adalah jika serpihan kertas tersebut masuk ke saluran napas bisa berisiko menimbulkan gangguan dan sumbatan jalan napas. Jadi jika bayi menjadi rewel, tampak napas menjadi cepat ataupun timbul sesak segera bawa ke fasilitas kesehatan.

Selain itu apabila tertelan dan masuk saluran pencernaan adalah kondisi yang tidak berbahaya dan dapat keluar melalui kotoran bayi, apabila kertas tersebut tidak bersih atau terkontaminasi virus atau bakteri bisa menimbulkan sejumlah masalah pencernaan seperti:

  • Masalah buang air besar
  • Diare
  • Nyeri perut
  • Mual dan muntah
  • Demam
  • Sering buang angin atau bisa menjadi sulit buang angin
  • Kesulitan buang air besar

Untuk itu perlu diperhatikan jika bayi menjadi rewel ataupun menunjukan gejala-gejala tersebut agar segera diperiksakan pada dokter atau dokter spesialis anak agar dipastikan kondisinya dan diberikan penanganan untuk kondisi anak Anda tersebut.

Perlu berhati-hati juga terutama jika si kecil sudah mulai memasukan benda-benda apa saja kedalam mulutnya karena bisa saja menelan benda lain yang lebih berbahaya. Untuk itu orang tua harus waspada dan tetap mengawasi aktivitas si kecil. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Makanan pembersih usus cukup banyak, termasuk buah-buahan karena kaya dengan serat

Konsumsi Makanan Pembersih Usus untuk Pencernaan yang Bahagia

Makanan pembersih usus bisa dikonsumsi untuk melancarkan pencernaan. Bahkan, beberapa makanan tersebut juga dilaporkan menurunkan risiko kanker usus besar. Apa saja makanannya?