Apakah berbahaya minum air kelapa saat menstruasi?

AR Info Penanya: AR
Bahayakah minum degan saat menstruasi?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi AR,

Minum air kelapa atau degan saat menstruasi memang memiliki beragam mitos, mulai dari dapat menimbulkan darah berlendir, menstruasi menjadi deras dan banyak mitos lainnya. Tetapi semua itu tidak dapat terbukti secara ilmiah. Keputihan yang juga dimitoskan bisa terjadi tidak disebabkan oleh minum air kelapa tapi oleh faktor lainnya.

Air kelapa sendiri memiliki beragam manfaat untuk tubuh seperti menjadi pengganti cairan tubuh, mengandung elektrolit yang baik untuk tubuh, dimana mineral dan elektrolit ini sebenarnya juga baik jika dikonsumsi saat menstruasi karena dapat meringankan keluhan kram ataupun nyeri haid.

Untuk itu tidak perlu khawatir mengonsumsi air kelapa saat menstruasi tetapi jangan lupa untuk tetap mengonsumsi makanan bernutrisi dan cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih. Tetapi jika ada gangguan menstruasi yang timbul jangan ragu untuk memeriksakan diri pada dokter ya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Biasanya, siklus menstruasi yang normal berlangsung selama 28 hari

Pahami Siklus Menstruasi yang Normal dan Tidak Normal

Siklus menstruasi adalah perubahan organ reproduksi wanita, tepatnya pada dinding rahim. Memahami siklus menstruasi dapat membantu Anda mengenali lebih jauh mengenai kondisi kesehatan organ reproduksi. Selain itu, Anda juga dapat mengantisipasi gangguan yang terjadi dalam tubuh, seperti PMS dan PCOS.