Apakah berbahaya mencabut gigi sehat dan diganti dengan gigi palsu?

S Info Penanya: S, Wanita, 2019 Tahun
Halo dokter, saya ingin bertanya. Apakah berbahaya jika saya mencabut gigi yang sehat dan diganti dengan gigi palsu? Mengingat gigi saya kurang rapih.Terimakasih dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, S

Terima kasih atas pertanyaannya.

Mengganti gigi sehat dengan gigi palsu dengan tujuan estetika sebetulnya cukup aman. Kebetulan saya menangani wisatawan asing yang datang ke Bali untuk tindakan estetika gigi. Tapi memang biayanya tidak murah dan tentu saja tidak ditanggung oleh BPJS atau asuransi biasa. Pilihannya ada beberapa tergantung dari kondisi gigi anda. Bisa dengan menggunakan veneer untuk merapikan atau implant untuk mengganti dengan gigi palsu. Tindakannya kurang lebih beberapa jam dan anda akan ditangani oleh Dokter Gigi Spesialis, tidak akan terasa nyeri karena diberikan obat anastesi bila diperlukan.

Komplikasi yang bisa terjadi sama dengan prosedur bedah lainnya seperti perdarahan atau alergi. Jadi sebelum tindakan pasti ada pemeriksaan laboratorium terlebih dahulu. Berikut saya lampirkan artikel mengenai tindakan estetika gigi untuk informasi tambahan.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

S
13 Sep 2019, 11:13
Berapa lama waktu pemasangan gigi palsu sejak pencabutan gigi yg asli dok?Dan biayanya mencapai kisaran berapa ya dok?
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Atasi rahang bawah maju dengan kawat gigi, pemasangan headgear, hingga operasi

Penyebab Rahang Bawah Maju dan Cara Mengatasinya

Rahang bawah maju disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya kebiasaan mengisap jempol. Cara mengatasi rahang bawah maju harus disesuaikan dengan penyebab awalnya.