Apakah berbahaya mandi di malam hari?

HS Info Penanya: HS, Pria, 22 Tahun
Apakah berbahaya mandi pada malam hari?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi HS,

Kulit adalah bagian penting bagi tubuh manusia, hal ini disebabkan terdapat beberapa komponen penting diantaranya folikel rambut, kelenjar keringat, kelenjar minyak, pembuluh darah dan serabut saraf. Pada kulit juga terdapat 2 lapisan utama yakni epidermis di bagian terluar yang sifatnya sering berganti dengan lapisan kulit yang baru & Dermis yang terletak lebih dalam. 

Kulit merupakan bagian terluar dan pelindung pertama tubuh dari gangguan atau infeksi penyakit baik dari bakteri, virus maupun jamur. Pada semua orang di kulit juga tempat hidup bakteri normal kulit yang bernama staphylococcus aureus. Sesorang perlu mandi atau merawat kebersihan kulit agar  pertumbuhan bakteri tidak berlebihan bahkan pada kulit yang jarang dibersihkan organisme lain juga turut serta hidup di kulit misal jamur dll.

Pada kulit juga terdapat saraf dan pembuluh darah yang juga berguna untuk menjaga keseimbangan suhu tubuh. Pada keadaan tertentu misal perubahan suhu mendadak tubuh dari panas ke dingin dengan mandi pada malam hari sebagai contohnya, hal ini menyebabkan kekebalan tubuh menjadi turun ditandai dengan adanya pilek, kedinginan dll. Bahkan bisa menyebabkan mudah terserang flu atau dyspepsia (perut kembung, mual dan muntah).

Berikut saya sertakan artikel menjaga kesehatan kulit di cuaca dingin. Konsultasikan dengan dokter apabila ada pertanyaan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Ghifara Zuhda

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Racun lebah mengandung zat antiinflamasi

Bisa Ringankan Gejala Rematik, Ini 5 Manfaat Terapi Sengat Lebah

Terapi sengat lebah atau apitherapy adalah metode pengobatan tradisional yang memanfaatkan racun dari sengatan lebah. Jenis terapi ini dipercaya memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Apa saja?