Apakah berbahaya berpindah lotion pemutih kulit?

KR Info Penanya: KR, Wanita, 16 Tahun
Bahaya apa menggunakan pemutih super spesial lalu berpindah ke HN
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang KR,

Pemutih kulit adalah salah satu alternatif yang bisa digunakan untuk membuat kulit tampak lebih cerah dan putih. Tetapi karena tingginya minat untuk dapat memiliki kulit yang cerah dan putih dalam waktu singkat tidak jarang dijual produk dengan kandungan bahan berbahaya seperti merkuri, hidrokuinon, ataupun bahan lain yang bisa menimbulkan sejumlah risiko pada kesehatan. 

Sama halnya dengan produk yang digunakan pemutih super ataupun produk lain dimana perlu diwaspadai kandungannya tidak jarang karena menawarkan harga murah dan hasil instan justru keamanannya malah diabaikan. Produk yang akan Anda gunakan memang sudah terdaftar pada BPOM tetapi perlu dipastikan Anda membeli krim yang asli dan perhatikan jika timbul keluhan seperti rasa panas di kulit, kemerahan, bengkak ataupun timbul bintik-bintik pada kulit ada baiknya segera dihentikan penggunaannya karena dapat timbul akibat reaksi alergi.

Jika perlu, ceritakan kondisi dan keinginan Anda untuk bisa mencerahkan kulit pada orang tua agar diantar untuk melakukan konsultasi pada dokter kulit atau dokter kecantikan sehingga bisa mendapatkan perawatan yang aman bagi kesehatan dan juga bisa mencerahkan kulit dengan sehat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pilihlah sunscreen dengan minimal SPF 30

Hindari Keriput dan Penuaan Dini Hanya dengan Menggunakan Sunscreen!

Penggunaan sunscreen dapat mencegah keriput dan kanker kulit. Namun, sunscreen harus digunakan secara tipis-tipis dan merata. Salah satu tips menggunakan sunscreen adalah memilih sunscreen minimal SPF 30.