Apakah beras merah dapat menurunkan berat badan?

AA Info Penanya: AA
Dokter, saya berencana untuk melakukan program diet untuk mengurangi berat badan. Apakah beras merah efektif untuk mengurangi berat badan? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, AA.

Beras merah adalah salah satu sumber karbohidrat. Jika dibandingkan dengan beras putih, beras merah memiliki nutrisi yang lebih tinggi dan kalori yang lebih rendah.

Perbandingan Beras Merah dan Beras Putih

Dari kandungan gizinya, berikut perbedaan beras merah dan beras putih:

1. Indeks glikemik

Beras putih adalah karbohidrat simpleks, dan beras merah adalah karbohidrat kompleks. Beras merah memiliki indeks glikemik lebih rendah daripada beras putih, yang artinya menyebabkan lonjakan gula darah yang lebih rendah.

2. Kandungan serat

Selain itu, beras merah juga mengandung serat 1.8 kali lipat dibanding beras putih. Mengonsumsi serat menyebabkan perasaan kenyang bertahan lebih lama, dan melancarkan kerja sistem pencernaan.

3. Kandungan vitamin dan mineral

Kandungan vitamin dan mineral dari beras merah sangatlah kaya. Misalnya, mineral zat besi dan seng. Jika Anda mengonsumsi 100 gram beras merah, Anda sudah memenuhi 66% zat besi dan 30% seng yang perlu Anda penuhi dalam sehari.

4. Antioksidan

Beras merah kaya akan antioksidan yang berfungsi untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan penyakit kronis lainnya. Selain itu, antioksidan juga menjaga agar sel tetap sehat dengan mengurangi jumlah radikal bebas.

Dengan semua kandungan nutrisi di atas, beras merah sangat membantu dalam penurunan berat badan. Tetapi, penggunaan beras merah juga harus diiringi dengan pola makan sehat. Selalu lengkapi piring makanmu dengan sayur-sayuran, protein, dan lemak sehat. Sebagai contoh, lima sendok makan nasi merah, setengah piring tumis sayur-sayuran, dan satu potong ayam kukus rempah dapat mencukupi kebutuhan zat gizimu dalam sekali makan. 

Anda juga dapat berkonsultasi kepada dokter spesialis gizi klinik untuk program penurunan berat badan secara detail.

Terima kasih atas pertanyaan Anda di forum SehatQ. Semoga apa yang disampaikan bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ubi jalar dapat diolah menjadi beragam masakan. Selain mudah diolah, terdapat berbagai manfaat ubi jalar, seperti menurunkan berat badan

Segudang Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Ubi jalar umumnya dianggap hanya sekedar alternatif makanan pengganti nasi putih, tetapi sebenarnya ada banyak manfaat ubi jalar untuk kesehatan, seperti menjaga kesehatan mata dan menurunkan berat badan