Apakah benjolan keras di perut sebelah kanan berbahaya ?

SN Info Penanya: SN, Wanita, 42 Tahun
Malam dok,mau tanya nenek saya ada benjolankeras di perut sebelah kanan.kalau dibuat tidur telentang seperti menyumbat di ulu hati,apakah bahaya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang. SN.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Benjolan atau tumor adalah pertumbuhan dari suatu jaringan tubuh pada seseorang yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Terdapat berbagai jenis benjolan, dapat terjadi di bagian tubuh mana saja dan terjadi pada siapa saja, serta dapat berkisar dari yang ringan hingga yang berat.  

Menurut perlekatannya, melalui pemeriksaan fisik benjolan ringan dan berat umumnya teridentifikasi sebagai berikut :

 

  • ringan : konsistensinya kenyal, dapat digerak-gerakkan atau tidak melekat pada jaringan tubuh, berbatas tegas dengan jaringan sekitar
  • berat : konsistensinya keras, tidak dapat digerakan karena melekat pada jaringan tubuh sekitarnya, berbatas samar serta disertai gejala-gejala lain yang bersifat sistemik atau mempengaruhi seluruh tubuh, seperti penurunan nafsu makan, penurunan berat badan yang drastis dan lain-lain

Namun untuk memastikan hal tersebut, perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung dan pemeriksaan penunjang lanjutan seperti USG dan sebagainya. Sebaiknya Anda membawa Nenek Anda ke dokter Spesialis Bedah untuk diagnosis dan penangann yang akurat.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat, terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam Sehat,

dr. Rahmita Dewi

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh DT
20 Apr 2020, 02:37
kalau kecil apakah masih termasuk tumor juga dok ? dan kaya kutil kalau kepegang dan sakit kalau di tekanberetapat pada bagian bawah perut sebelah kanan
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
20 Apr 2020, 08:37
Hi, DT.
Jika benjolan berukuran kecil, maka bisa jadi itu berupa lipoma, ganglion, kutil, tumor jinak, dll. Untuk memastikannya, saya sarankan Anda melakukan pemeriksaan ke dokter bedah agar dapat diperiksa lebih lanjut mengenai benjolan di area perut Anda ini.
Salam sehat,
dr. Ester
Dibalas oleh AP
02 Aug 2020, 16:43
Assalamualaikum dok. Ibu saya juga mengalami benjolan di perut bagian bawah. Namun bukan di bagian selakangan. Benjolan yang lumayan besar sekitar satu kepal tangan remaja wanita, tepat di perut daerah panggul. Apakah itu merupakan turun berok atau mungkin penyakit lainnya? soalnya kadang benjolan itu terasa sakit dan mengeras, kata ibu saya juga kadang membesar kadang kecil, ketika membesar dan mengeras itulah perut ibu saya terasa sakit, terlebih untuk berdiri tegak.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
03 Aug 2020, 17:18
Selamat sore AP,
Benjolan di perut bawah bisa disebabkan oleh batu kandung kemih, kista ovarium, fecalith, maupun hernia seperti yang Anda sebutkan. Untuk memastikannya, perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang seperti USG. Oleh karena itu, periksakan ibu Anda agar dapat diberikan penanganan yang sesuai. Semoga bermanfaat.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tumor hati yang jinak tidak mengandung sel kanker sedangkan yang ganas sebaliknya

Mengenal Jenis Tumor Hati dari yang Jinak hingga Ganas

Tumor hati dapat dikelompokkan menjadi tumor jinak dan tumor ganas. Masing-masingnya, juga dapat dikategorikan menjadi beberapa jenis dan memiliki gejala serta pengobatan yang berbeda.