Apakah benjolan keras di perut sebelah kanan berbahaya ?

SN Info Penanya: SN, Wanita, 42 Tahun
Malam dok,mau tanya nenek saya ada benjolankeras di perut sebelah kanan.kalau dibuat tidur telentang seperti menyumbat di ulu hati,apakah bahaya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang. SN.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Benjolan atau tumor adalah pertumbuhan dari suatu jaringan tubuh pada seseorang yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Terdapat berbagai jenis benjolan, dapat terjadi di bagian tubuh mana saja dan terjadi pada siapa saja, serta dapat berkisar dari yang ringan hingga yang berat.  

Menurut perlekatannya, melalui pemeriksaan fisik benjolan ringan dan berat umumnya teridentifikasi sebagai berikut :

 

  • ringan : konsistensinya kenyal, dapat digerak-gerakkan atau tidak melekat pada jaringan tubuh, berbatas tegas dengan jaringan sekitar
  • berat : konsistensinya keras, tidak dapat digerakan karena melekat pada jaringan tubuh sekitarnya, berbatas samar serta disertai gejala-gejala lain yang bersifat sistemik atau mempengaruhi seluruh tubuh, seperti penurunan nafsu makan, penurunan berat badan yang drastis dan lain-lain

Namun untuk memastikan hal tersebut, perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung dan pemeriksaan penunjang lanjutan seperti USG dan sebagainya. Sebaiknya Anda membawa Nenek Anda ke dokter Spesialis Bedah untuk diagnosis dan penangann yang akurat.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat, terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam Sehat,

dr. Rahmita Dewi

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kanker vagina dan tumor rahim memiliki perbedaan penyebab, gejala serta pengobatan

Kenali Perbedaan Kanker Vagina dan Tumor Rahim Ini!

Kanker vagina dan tumor rahim memiliki gejala yang serupa. Kanker vagina adalah saluran otot yang menghubungkan rahim dengan alat kelamin luar wanita. Tumor rahim adalah pertumbuhan abnormal, atau tumor jinak pada otot yang tumbuh di rahim.