Apakah benjolan di kemaluan seperti bisul itu berbahaya?

F Info Penanya: F
Dok saya punya benjolan seperti busul di alat kelamin saya di antara kelmain dan kepala kelaminApakah itu berbahaya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore F,

Benjolan pada kelamin baik pada kelamin pria ataupun wanita bisa disebabkan oleh beragam penyebab mulai dari adanya infeksi bakteri, peradangan pada saluran rambut kelamin, infeksi virus, bisul atau jerawat, pertumbuhan rambut kelamin yang tidak normal ataupun penyebab lainnya.

Untuk itu perlu dipastikan penyebabnya dengan pemeriksaan langsung pada dokter spesialis kulit dan kelamin. Jika penyebabnya adalah infeksi bakteri nantinya akan diberikan obat antibiotik baik oles atau minum tetapi jika karena infeksi atau penyebab lain tentunya penanganan akan berbeda.

Hindari memecahkan benjolan tersebut agar tidak menimbulkan iritasi ataupun infeksi lebih lanjut. Dan ada baiknya untuk menghindari melakukan hubungan seksual terlebih jika benjolan timbul pasca berhubungan seksual. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Balanitis adalah penyakit seksual yang disebabkan karena infeksi bakteri dan jamur

Hati-hati, Penis Belum Disunat Bisa Sebabkan Balanitis? Ini Alasannya

Balanitis adalah penyakit seksual yang terbagi menjadi 3 jenis. Pertama, circinate balanitis yang disebabkan oleh reaksi penyakit artritis pada bagian kepala penis,berbentuk melingkar dan berwarna kemerahan. Kedua, micaceous balanitis yang menyebabkan kulit bersisik di kepala penis. Dan yang ketiga, adalah zoon’s balanitis yang paling umum terjadi pada penis yang belum disunat.