Apakah benjolan di dada membahayakan?

M Info Penanya: M
Selamat siang dok..Saya laki2 berumur 32 tahun.. ada benjolan bulat di dada kanan keras dan bisa di gerak kan dan tidak sakit saat di tekan.. benjolan ini adanya sudah lama sya tdk tau kpn pertama kali muncul tp sudah lama dan sekarang agak membesar.. apakah itu penyakit yg membahayakan dok ??Terimakasih..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore M,

Benjolan pada kulit adalah keluhan yang sering timbul dimana tidak jarang bisa menimbulkan rasa was-was pada pemiliknya. Benjolan pada kulit sendiri bisa beragam jenis dan penyebabnya mulai dari benjolan karena pertumbuhan lemak yang abnormal atau disebut lipoma, benjolan karena pembesaran kelenjar getah bening, benjolan karena infeksi kulit, benjolan karena kista atau terbentuknya kantung berisi cairan dan lainnya.

Untuk mengetahui apa penyebabnya dan menentukan apakah berbahaya atau tidak maka ada baiknya untuk diperiksakan pada dokter. Nantinya juga akan ditentukan langkah penanganan selanjutnya apakah memerlukan tindakan khusus atau tidak. Tidak jarang juga pengambilan jaringan dilakukan untuk menentukan apa benjolan tersebut dengan metode biopsi. Upayakan tidak banyak menekan atau memanipulasi benjoan agar tidak menimbulkan iritasi, perhatikan juga apa ada gejala lain yang timbul seperti rasa nyeri, demam, ataupun benjolan timbul di tempat lain. Segera periksakan diri pada dokter agar dipastikan penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Headphone bluetooth merupakan salah satu terobosan teknologi yang mudah untuk dibawa, tetapi gelombang elektromagnetik yang dipancarkan berpotensi merusak kesehatan

Benarkah Radiasi Wifi dan Headphone Bluetooth Berpotensi Merusak Kesehatan?

Teknologi yang pesat membuahkan berbagai hal yang dapat memudahkan kehidupan sehari-hari, seperti wifi dan headphone bluetooth, tetapi kedua teknologi tersebut memancarkan gelombang elektromagnetik yang berisiko bagi kesehatan.