Apakah benjolan di area mulut sudah pasti teratoma?

TS Info Penanya: TS, Wanita, 29 Tahun
Dokter, di area gusi dan gigi saya terdapat benjolan yang keras namun tidak terlalu sakit saat dipegang, apakah itu teratoma?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, FF.

Teratoma adalah tumor yang berisi jaringan atau organ, seperti rambut, gigi, tulang, ataupun otot. Jenis tumor ini termasuk langka. Teratoma paling sering terjadi pada tulang ekor, ovarium, dan testis; namun bisa terjadi di bagian tubuh manapun. Tapi, pada kasus Anda, teratoma di mulut (orofaringeal) termasuk jarang yaitu sekitar 2% kasus.

Teratoma bisa menyerang banyak usia, tetapi yang paling sering terkena adalah usia di atas 45 tahun. Jenisnya ada yang berisi cairan (kistik) atau padat (solid). Biasanya teratoma jinak, namun ada beberapa kasus yang ganas. Seseorang yang menderita teratoma biasanya mengalami gejala seperti bengkak dan nyeri. 

Terkait benjolan di area gusi dan gigi, selain teratoma bisa juga merupakan hal-hal berikut:

  • Gingivitis, yaitu radang gusi
  • Abses gigi
  • Perikoronitis, yaitu peradangan karena infeksi di sekitar gigi yang baru tumbuh saat gigi menyobek dan menembus gusi
  • Mukokel, yaitu penyumbatan kelenjar ludah di rongga mulut

Untuk mengetahui penyebab pasti benjolan tersebut, apakah teratoma atau bukan, sebaiknya Anda berkonsultasi kepada dokter gigi. Dokter akan memeriksa mulut Anda dan memberikan terapi yang tepat untuk penyebab tersebut. Apabila disebabkan oleh teratoma, dokter bisa saja menyarankan untuk operasi, tergantung dari jenis, berat-ringan, dan lokasi teratoma itu sendiri.

Terima kasih atas pertanyaan Anda di forum SehatQ, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat, 
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Minuman berkarbonasi ternyata berbeda dari minuman bersoda.

Perbedaan Minuman Berkarbonasi dan Minuman Bersoda

Selama ini, minuman berkarbonasi sering disamakan dengan minuman bersoda. Padahal, keduanya sebenarnya berbeda. Selain dalam hal kandungan, perbedaan mendasar antara minuman berkarbonasi dan minuman bersoda dapat dilihat dari dampak keduanya bagi kesehatan.