Apakah benar saat tidur harus mematikan gadget agar tidak terkena radiasi gadget tersebut?

HS Info Penanya: HS, Pria, 22 Tahun
Mau nanya dok. Apa benar saat akan tidur kita harus mematikan gadget agar terhindaran dari paparan radiasi yang dihasilkan gadget tersebut?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi HS,

Otak manusia terdiri atas sistem syaraf yang terdiri atas beberapa bagian diantaranya Cerebrum (otak besar), Cerebellum (otak kecil), medulla oblongata & medula spinalis (saraf tulang belakang). Otak dan sistem saraf terbentuk oleh sel saraf (neuron) dimana didalamnya terjadi aliran listrik dari satu sel saraf ke yang lain mirip seperti aliran petir dari satu awan ke awan yang lain karena perbedaan tekanan.

Gadget adalah media elektronik yang mampu mengeluarkan radiasi elektromagnetik yang mampu mengganggu aktivitas hantaran listrik di dalam neuron. Pada kondisi tertentu adanya hantaran listrik yang terganggu akan menyebabkan adanya ketidak maksimalan fungsi otak yang berakibat gangguan proses berpikir, gerakan maupun tidur. Adanya paparan radiasi yang berlebihan dapat menyebabkan sering lupa, pusing hingga munculnya tumor atau kanker yang bisa dipicu oleh radiasi elektromagnetik gadget tersebut. 

Berikut saya sertakan artikel Radiasi Hp memicu tumor jinak. Konsultasikan dengan dokter spesialis saraf apabila ada pertanyaan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Ghifara Zuhda

L
20 Nov 2019, 11:35
Sangat informatif, terima kasih dokter.

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penggunaan gadget yang berlebihan pada anak dapat menyebabkan gejala autisme karena kurangnya stimulasi pada otak

Anak Keseringan Main HP, Bagaimana Dampak Gadget pada Anak?

Penggunaan gadget yang tidak sesuai dan berlebihan pada anak dapat memberikan dampak negatif untuk psikologis anak, terutama menjadi berkurangnya stimulasi pada otak sehingga menyebabkan gejala autisme seperti sulit untuk berinteraksi dan tidak peka terhadap lingkungan sekitarnya.