Apakah benar saat bernyanyi mengambil pernapasan melalui diafragma?

QQ Info Penanya: QQ, Pria, 2019 Tahun
Selamat malam dokter, maaf sebelumnya jika saya mengganggu waktunya.Saya mau tanya seputar diafragma..Saya kan masih pemula dalam menyanyi, yang benar mengambil pernafasan melalui diagram apakah benar ditekan perutnya atau seperti gimana...?Bisa dijelaskan..?Terimakasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, QQ

Terima kasih atas pertanyaannya.

Memang betul diaphragma berperan penting untuk dapat bernyanyi dengan baik. Diaphragma adalah lapisan otot yang memisahkan rongga dada (yang berisi jantung dan paru) dengan organ lain di perut. Letaknya ada di bawah tulang iga. Atau Anda bisa merasakan dengan menaruh beban di perut seperti buku kemudian menarik nafas panjang sambil mendorong beban tersebut dengan perut. Itu adalah otot diaphragma.

Cara melatihnya bisa dengan menarik nafas panjang, kemudian Anda buang nafas sembari menghitung secara lambat dan teratur. Semakin kuat maka Anda bisa menghitung semakin lama. Bisa juga dengan menggunakan sedotan untuk menarik dan mengeluarkan nafas. Dengan sedotan juga Anda bisa menghirup nafas panjang sambil memegang perut Anda untuk merasakan gerakannya. Lebih banyak teknik vokal yang bisa diajarkan oleh pelatih vokal. Semoga penjelasannya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tidak semua tenggorokan terasa mengganjal indikasi penyakit serius

Tenggorokan Terasa Mengganjal? Jangan Anggap Sepele

Tenggorokan terasa mengganjal adalah indikasi dari suatu gangguan tertentu. Terkadang tenggorokan terasa mengganjal tidaklah serius, tetapi bisa jadi hal tersebut merujuk pada adanya cedera di pita suara yang memerlukan penanganan medis.