18 Mar 2021, 08:54Penyakit Lainnya

Apakah benar mengkonsumsi vitamin C & D bisa menyehatkan sperma?

MI
Info Penanya: MI0
Halo dok, Saya setiap hari selalu mengkonsumsi vitamin C & D, apakah benar mengkonsumsi vitamin C & D bisa meningkatkan kualitas sperma?
128 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang MI,Kualitas sperma yang baik adalah kondisi sperma dengan volume yang cukup, jumlah sel sperma yang cukup, bentuk sperma yang normal dengan jumlah yang cukup, pergerakan sperma yang aktif dengan jumlah yang cukup dan juga bisa dilakukan pemeriksaan lain seperti fragmentasi DNA yang masih berada dalam jumlah normal.

Penyebab gangguan kualitas sperma

Untuk mengetahui kualitas sperma baik atau tidak, perlu dilakukan pemeriksaan analisa sperma oleh dokter spesialis andrologi. Jika ada masalah maka perlu dicari tahu apa penyebabnya dan diberikan penanganan. Beberapa masalah yang sering jadi penyebab gangguan kesuburan sperma sendiri diantaranya seperti:
  • Pola keseharian yang tidak baik seperti kurang tidur, aktivitas berat
  • Penggunaan celana yang terlalu ketat
  • Paparan panas seperti misalnya akibat berkendara dengan kendaraan yang panas seperti motor dengan tangki bensin yang panas
  • Kebiasaan merokok dan minum alkohol
  • Ataupun akibat adanya masalah pada testis dan buah zakar seperti pelebaran pembuluh darah atau varikokel, adanya penumpukan cairan atau hidrokel, infeksi testis dan skrotum
Untuk meningkatkan kualitas sperma bisa beragam cara, vitamin sendiri bisa membantu terutama vitamin yang kaya antioksidan seperti vitamin C dan vitamin D juga bisa membantu, selain itu bisa konsumsi vitamin B9/asam folat dan vitamin E. Jadi untuk tau ada masalah tidak pada kualitas spermanya segera periksakan ya. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
meningkatkan kesuburankelamin laki-lakisperma
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil