Apakah benar HNP tidak bisa sembuh total dan harus mengonsumsi anti-nyeri seumur hidup?

B Info Penanya: B, Pria, 42 Tahun
Salam Dokter, Saya mengalami HNP yang belum sembuh, apa harus terus mengkonsumsi anti-nyeri seumur hidup? Dulu sangat rajin olahraga tenis (bisa 2x seminggu) dan dalam permainan cenderung ngotot mengejar bola serta senang memukul bola dengan keras. Pada bulan November 2013, saya mengalami HNP di L4 dan L5 (rasa sakit terasa di pinggang kiri). Seingat saya, rasa sakit tersebut pertama kali ada sejak saya berhenti tenis selama +/- 3 bulan karena cedera tenis elbow di siku kanan. Walau terasa mengganggu, dokter saat itu mengatakan kondisi HNP saya tidak terlalu parah. Dengan menjalani berbagai terapi baik medis, fisioterapi, herbal, dan olahraga, Alhamdulillah rasa sakit mulai berkurang sejak November 2014, namun rasanya nyeri ini tidak pernah benar-benar hilang 100%. Akhir-akhir ini rasa itu sering terasa lagi (area sakit di pinggang, di tulang pinggul kiri (serasa seperti menonjol), lutut kiri, dan di telapak kaki kiri rasanya aneh/ganjil, seperti ditarik dari dalam). Pertanyaan saya: 1. Apakah benar HNP tidak bisa sembuh 100%? 2. Saya pernah mendengar bahwa HNP di pinggang dapat berpengaruh ke produksi oli sendi di kaki, apakah benar? 3. Apakah rasa aneh di telapak kaki kiri dan sakit di lutut kiri tersebut ada kaitannya dengan HNP? 4. Saya sudah bosan minum obat penghilang sakit dan lain-lain. Adakah makanan tertentu atau herbal (bukan obat kimia) yang dianjurkan dikonsumsi untuk mengurangi sakit karena HNP? Apakah konsumsi makanan seperti kolang kaling, gamat, dan sejenisnya dapat memperbaiki kondisi penyakit seperti yg saya alami? 5. Setelah kena HNP, olahraga saya biasanya berenang, minimal seminggu sekali. Karena tugas dan sakit demam saya pernah tidak berenang selama hampir 1 bulan. Ternyata frekuensi dan intensitas sakit lebih terasa jika saya tidak berenang. Apakah berenang memang ada pengaruhnya ke pengurangan rasa sakit seperti HNP? 6. Apakah saya boleh berolahraga tenis kembali? 7. Apakah penderita HNP seperti saya boleh berolahraga sepeda? Terimakasih Dokter atas perhatiannya, maaf kalau pertanyaannya terlalu panjang
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Salam sehat Bapak B,

Kami dapat memahami perasaan Bapak, dengan kondisi saat ini yang menghalangi aktifitas dan membatasi fungsi Bapak secara utuh. HNP atau Hernia Nukleus Pulposus, yang secara awam dikenal sebagai syaraf terjepit pada pinggang dan merupakan penyebab paling banyak keluhan sakit pinggang bawah.

Paling banyak terjadi pada lokasi L4, L5 dan S1, dan gejala yang ditimbulkan adalah :

  • Nyeri, apalagi saat berubah posisi dari berbaring ke posisi duduk
  • Nyeri menjalar dari bokong ke bagian belakang lutut dan tungkai bawah
  • Nyeri semakin hebat bila mengedan, batuk dan mengangkat beban berat
  • Nyeri bertambah saat ditekan didaerah pinggang bawah (letak L4,L5 dan S1)
  • Dapat menimbulkan gangguan kencing
  • Perasaan kebas didaerah tulang ekor

Pengobatan sesuai prosedur medis adalah :

  • Bed rest total selama 3 sampai 6 minggu
  • Pemberian obat antisakit dan obat pelemas otot
  • Fisiotherapy
  • Menghindari bekerja mengangat beban berat
  • alas tidur ditambahkan papan di bawah kasur
  • Bila sangat menganggu fungsi tubuh dan tidak membaik dengan semua pengobatan diatas, maka operasi merupakan pilihan.

Sebesar 70% kasus HNP tidak memerlukan operasi,karena belum merusak syaraf. Pengobatan diberikan berupa modifikasi obat –obatan dengan fisiotherapi, bila dalam waktu maksimal 3 bulan belum ada perbaikan, maka Dokter akan mempertimbangkan untuk melakukan operasi.

Tindakan operasi dilakukan dengan tujuan dapat menghilangkan nyeri, mencegah kerusakan pada syaraf menjadi lebih parah, dan memungkinkan terjadinya kesembuhan pada syaraf.

Dengan kemajuan teknologi kedokteran saat ini, operasi untuk HNP menggunakan metode yang dikenal dengan nama MED (Microendoskopic Disektomi) atau operasi minimal invasif. MED adalah tindakan bedah pada kelainan penekanan saraf tulang belakang menggunakan kamera dengan sayatan minimal kira2 1-1,5 cm.

Tehnik ini sudah dipakai sejak tahun  1995, dan sudah berkembang pesat, saat ini di pasaran banyak metode tehnik utk MED, salah satunya adalah ENDOSPINE system yang diciptakan oleh Dr Destandeau dari Perancis. Kelebihan tehnik MED dengan ENDOSPINE sangat menguntungkan buat pasien seperti;

  1. Sayatan kecil, sehingga secara kosmetik lebih baik,
  2. Operasi dalam waktu satu jam dan pasien dapat langsung pulang tanpa opname
  3. Operasi dengan anestesi umum atau anestesi spinal
  4. Pasien cepat pulih dan bekerja kembali lebih cepat
  5. Tak perlu alat bantu untuk bergerak
  6. Perdarahan operasi minimal
  7. Tehnik ini sangat aman

Sekaligus untuk menjawab pertanyaan Bapak :

  1. Dengan operasi, keberhasilan dijamin sampai 95% pasien dapat sembuh dan beraktifitas normal.
  2. Produksi cairan sendi tidak berhubungan dengan HNP, gejala HNP Lumbal seperti yang kami sebutkan sebelumnya
  3. Betul, rasa tidak nyaman pada telapakkaki dan lutut bagian belakang berhubungan dengan HNP.
  4. Belum ada pembuktian secara ilmiah untuk pengobatan HNP dengan jamu dan makanan tertentu sampai saat ini. Jadi sebaiknya ikuti anjuran dari Dokter.
  5. Iya, berenang adalah olahraga yang dianjurkan untuk para paasien dengan HNP. Berenang yang dianjurkan untuk pengobatan HNP adalah dengan ketentuan sebagai berikut :
  • Bila dalam keadaan nyeri, dapat berenang gaya dada dengan santai, tidak boleh dipaksakan, minimal 15 menit pada awal latihan.
  • Bila tidak dalam keadaan nyeri, dapat berenang gaya dada atau gaya bebas.
  • Berenang gaya kupu – kupu tidak dianjurkan karena menekan tulang belakang dan dapat memperparah HNP.
  • Untuk tujuan pengobatan, maka berenang dapat dilakukan 2 sampai 3 kali seminggu, dengan waktu antara 20 sampai 45 menit setiap berenang.
  • Untuk maintenance / mempertahankan, maka berenang dapat dilakukan minimal 1 kali dalam seminggu.

Untuk bermain tenis dan bersepeda sebaiknya dikonsultasikan lebih dulu dengan Dokter Syaraf dan Dokter Spesialis Rehabilitasi Medis (SpRM) yang menangani Bapak.

Sebaiknya Bapak melakukan konsultasi dengan Dokter Bedah Syaraf (SpBS) atau Dokter Spesialis Syaraf (SpS) yang khusus menangani masalah HNP, atau Bapak dapat berkunjung ke Rumah Sakit yang memiliki alat dan fasilitas serta team dokter yang terlatih.

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gangguan saluran kemih bukan satu-satunya penyebab sakit pinggang sebelah kanan

Sakit Pinggang Sebelah Kanan Bisa Berbahaya Bagi Anda

Sakit pinggang sebelah kanan terkadang terasa mengganggu atau bahkan menyiksa. Sakit ini menandakan adanya masalah di daerah pusat sekitar rasa sakit, misalnya gangguan pada sistem saluran kemih.