Apakah behel gigi bisa mengisi celah gigi yang tanggal?

TG Info Penanya: TG
Dok, satu gigi depan saya baru aja copot. Apakah behel bisa bantu merapatkan gigi saya? Soalnya sekarang tampak tidak bagus ya dari sisi estetikanya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam TG,

Gigi yang tanggal dapat meninggalkan celah pada gigi. Adanya celah ini bisa menganggu fungsi mekanik mulut dan gigi saat mengunyah makan misalnya. Untuk mengatasi gigi yang tanggal dapat dilakukan beberapa hal seperti penggunaan gigi palsu.

Apabila memiliki gigi yang susunannya tidak rata ataupun gigi yang renggang, ada baiknya dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu pada dokter gigi untuk penangananya apakah diperlukan penanganan kawat gigi atau behel gigi. Dimana fungsi kawat gigi sendiri adalah selain merapihkan gigi juga memperbaiki bentuk rahang dan struktur wajah.

Penggunaan gigi palsu

Untuk bisa mengembalikan gigi kembali lengkap dan baik dari segi estetika, dapat dilakukan pemasangan gigi palsu. Pemasangan gigi palsu sendiri ada beragam jenis dan tekniknya seperti:

  • Gigi palsu lepas pasang seperti dari bahan akrilik dengan sebagian bahan lentur yang bisa menempel di gusi, gigi palsu dengan sebagian bahan akrilik dan di sambungkan dengan kawat khusus, ataupun gigi palsu penuh yang berbentuk full satu rahang.
  • Gigi palsu permanen yang bisa dipasangkan dengan beragam teknik seperti teknik bridge, implan gigi ataupun teknik lainnya

Untuk itu disarankan agar bisa memeriksakan kondisi gigi Anda pada dokter gigi untuk dilakukan pemeriksaan seperti pemeriksaan fisik, pemeriksaan rontgen dan pemeriksaan lain untuk dinilai kondisinya dan diberikan penanganan yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Permen bisa menjadi makanan perusak gigi karena memiliki kandungan gula yang tinggi

Sayangi Gigi Anda dengan Mengurangi Konsumsi Makanan Perusak Gigi Ini

Banyak orang menghindari makanan perusak gigi. Padahal, yang menjadi masalah bukan makanannya, tapi seberapa lama gigi terpapar makanan itu. Permen hingga roti seringkali dicap sebagai makanan perusak gigi.