Apakah bayi boleh mengonsumsi semangka?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Malam dokter, saya kebetulan baru beli semangka tadi siang, apa bayi saya boleh mengonsumsi semangka? Apa saja manfaat semangka untuk bayi? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, FF.

Semangka adalah buah berukuran besar, berkulit hijau dengan isi berwarna merah atau kuning. Kandungan semangka yang paling tinggi adalah air, sehingga mudah dikunyah dan dicerna. Selain air, semangka juga mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral.

Beberapa manfaat semangka bagi kesehatan adalah:

  • Menjaga kulit agar tetap terhidrasi
  • Menjaga kesehatan mata dengan vitamin A-nya
  • Melancarkan pencernaan dengan kandungan seratnya
  • Membantu meringankan nyeri otot dengan kandungan magnesiumnya
  • Kandungan vitamin C-nya dapat berperan sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh

Terkait pertanyaan Anda, bayi diperbolehkan mengonsumsi semangka, apabila bayi sudah mulai mengonsumsi MPASIAkan lebih baik jika semangka diberikan pada bayi di atas usia delapan bulan, sedangkan bulan-bulan awal sebaiknya digunakan untuk pengenalan tekstur makanan kepada bayi.

Untuk pemberiannya, disarankan memotong semangka kecil-kecil untuk menghindari tersedak. Bisa juga dengan menumbuknya sehingga teksturnya seperti bubur. Atau, Anda bisa memberikan potongan sangat besar sebagai finger food. 

Jangan lupa juga untuk memenuhi kebutuhan zat gizi bayi lainnya ya, yaitu karbohidrat kompleks, protein, lemak sehat, vitamin, serta mineral. Berikan ASI dan air putih yang cukup juga untuk mendukung tumbuh kembangnya. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada beragam manfaat buah naga yang bisa Anda dapatkan, salah satunya adalah dapat mengontrol gula darah

17 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Anda

Manfaat buah naga ada beragam, mulai dari turunkan kadar gula darah, bantu cegah penyakit jantung, hingga menurunkan risiko kanker. Meski begitu, efek samping buah naga juga perlu diperhatikan.