07 May 2020, 16:06Infeksi

Apakah bawang putih dapat menyembuhkan infeksi telinga?

N
Info Penanya: N, Wanita, 27 Tahun
Hi dokter, akhir-akhir ini saya sering punya masalah dengan telinga. Sering terasa tidak nyaman. Apa betul bisa diobati dengan bawang putih? Bagaimana cara menggunakannya yang benar, dok?
21477 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam NLTerima kasih atas pertanyaan Anda.Bawang putih selain sebagai bumbu atau bahan masak, ternyata juga banyak manfaatnya. Hal ini dikarenakan bawang putih kaya akan antioksidan yang mempunyai sifat anti bakteri, anti jamur, anti virus dan juga anti radang. Oleh karena kandungan yang terdapat pada bawang putih terebut, bawang putih dapat membantu mengurangi rasa nyeri, meningkatkan sistem imunitas tubuh, serta melawan infeksi.  Namun, jika infeksi dalam keadaan berat, seperti keluarnya cairan dari dalam telinga, sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan. Karena kandungannya, bawang putih bisa menyembuhkan beberapa keluhan terkait telinga seperti telinga berdenging atau dalam istilah medis disebut tinnitus, infeksi telinga dan nyeri pada telinga. Terkait untuk teknik melakukan pengobatan dengan bawang putih, sampai saat ini belum ada penelitian lebih lanjut yang menyatakan hal ini aman untuk di lakukan. Namun, ada sebuah penelitian yang menjelaskan cara membuat obat tetes telinga dari bawang putih.Adapun langkahnya adalah:
  • Pilih 1 siung bawang putih segar, kemudian cincang kasar
  • Panaskan wajan, masukkan bawang putih tersebut dan tambahkan 2-3 sendok makan minyak zaitun
  • Panaskan dengan api kecil aduk sampai minyak berbau harum
  • Matikan api, tunggu sampai minya tidak panas
  • Saring minyak bawang putih tersebut dan tuangkan minyak bawang putih kedalam wadah kecil.
Penggunaan tetes telinga dari minyak bawang putih ini tidak boleh sembarangan.Jika keluhan dirasa memberat, segera periksakan diri Anda ke dokter spesialis THT terdekat, untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dian
infeksi telingaherbalbawang putih
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil