09 Jun 2020, 15:27Pernapasan

Apakah bawang putih bisa obati TBC?

AN*
Info Penanya: AN*, Pria, 20 Tahun
Sya terkena Tbc dok trus pengobatan sya sdh berjalan 3 bulan skarang sya minum obat yang kuning.apakah bisa sya komsumsi obat herbal alami selama masa pengobatan? Terus apakah betul bawang putih bisa obati tbc?
22324 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat pagi, RBTerima kasih atas pertanyaan Anda.Bawang putih merupakan jenis tanaman umbi yang sering digunakan untuk bumbu pada masakan. Selain sebagai bumbu, ternyata bawang putih juga memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan.

Adapun beberapa manfaat dari bawang putih untuk kesehatan adalah:

  • Menangkal radang, batuk dan juga pilek
  • Mengobati jerawat
  • Menurunkan kolesterol
  • Mengatasi rambut yang rontok
  • Mengendalikan tekanan darah
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Memberikan efek anti inflamasi (radang)
  • Meningkatkan kesehatan tulang
Tuberkulosis (TBC) merupakan suatu penyakt yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. TBC biasanya menyerang peru-paru, namun juga bisa menyerang organ lainnya. Untuk dapat sembuh dari TBC seseorang harus mengonsumsi obat antibiotika khusus (OAT/obat anti tuberkulosis) secara rutin dan terjadwal (tidak boleh terlewat) agar  bakteri penyebab TBC di dalam tubuh dapat terbunuh. Terkait dengan pertanyaan Anda, memang banyak sekali manfaat dari bawang putih. Namun, sebaiknya Anda tetap mengonsumsi obat TBC yang sudah diberikan oleh dokter sesuia jadwal dan sesuai dengan dosisnya untuk menghindari adanya resistensi kuman. Selain itu, usahakan untuk tetap makan makanan bergizi, jaga kebersihan, terapkan etika batuk dan bersin yang benar, serta gunakan masker dan cuci tangan dengan sabun. Bila keluhan memberat, atau obat habis segera periksakan ke dokter spesialis paru terdekat.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dian
tbctuberkulosisbawang putih
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil