Apakah Batuk yang Kambuh Menandakan TB yang Kambuh?

RA Info Penanya: RA, Wanita, 25 Tahun
Hi dok, saya sebelumnya sempat mengikuti pengobatan untuk flek paru-paru selama tiga bulan, tetapi sudah berhenti. Di malah hari, suhu tubuh saya normal dan saya tidak berkeringat. Namun, baru-baru ini, batuknya muncul lagi. Apakah fleknya akan tumbuh kembali? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore Ibu RA,

Pengobatan untuk TB Paru paling cepat adalah selama enam bulan minum OAT (Obat Anti Tuberkulosa) secara teratur dan tidak berhenti. Untuk infeksi yang lebih parah dibutuhkan waktu sembilan bulan sampai setahun. Bila saat ini baru memasuki pengobatan bulan ke tiga dan masih ada keluhan batuk maka sangat mungkin disebabkan karena jaringan paru yang rusak belum sembuh sempurna. Kuman TBC adalah kuman yang kuat dan memerlukan waktu lama untuk membunuhnya, sedangkan saat ini obat antibiotik yang dapat membunuh kuman ini hanya OAT.

Maka pengobatan yang dijalani harus tuntas dilakukan sampai kuman betul – betul mati dan paru-paru telah sembuh sempurna. Untuk keperluan observasi hasil pengobatan, maka pada bulan ke 2, bulan ke 3 dan bulan ke 6 harus dilakukan rontgen paru-paru dan pemeriksaan BTA 3 waktu.

Sebaiknya lanjutkan dan tuntaskan pengobatan yang dijalani, kunjungi Dokter Spesialis Paru (SpA) untuk berkonsultasi lebih lanjut. Pengobatan yang dihentikan sebelum waktunya akan merugikan penderita sendiri bahkan banyak menyebabkan komplikasi dan kematian. Jadilah bijaksana untuk memilih memiliki tubuh yang sehat dan merasa bertanggung jawab untuk mencegah penularan kepada oranglain di sekitar kita.

 

Salam Sehat

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tuberkulosis atau TBC termasuk penyakit yang bisa disembuhkan apabila diobati secara tuntas

Kabar Baik! Penderita Flek Paru-Paru Bisa Sembuh Total

Tuberkulosis atau TBC adalah penyakit penyebab kematian nomor satu di Indonesia. Kabar baiknya, TB bisa disembuhkan dengan total. Biasanya dokter meresepkan antibiotik selama 6-9 bulan.