04 Apr 2021, 03:49Pernapasan

Apakah batuk berdarah gejala covid?

AN*
Info Penanya: AN*0
Halo dok, 3 hari ini ketika saya menarik nafas dada saya sedikit sesak dok, terkadang juga saya batuk kering. Kemudian setelah saya batuk dan meludah terdapat darah dok, namun darahnya tidak berwarna merah pekat/merah darah, warnanya merah agak kecoklatan (merah tipis). Apakah itu bisa dikategorikan sebagai gejala covid ya dok? Apa sesak itu bisa disebabkan karna asam lambung yang naik? terimakasih dok
54 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat sore PKBatuk merupakan mekanisme pertahan tubuh untuk mengeluarkan sesuatu atau benda yang menghalangi saluran nafas. Adanya peradangan pada pada saluran pernafasan dapat menyebabkan batuk disertai dengan bercak darah.

Penyebab Batuk Kering Disertai Bercak Darah

Batuk kering memang salah satu gejala covid tetapi disertai dengan gejala lainnya seperti demam, badan pegal, hidung buntu dan sebagainya serta adanya riwayat kontak erat dengan penderita covid. Untuk mengkonfirmasi anda terkena infeksi covid tentunya harus melalui pemeriksaan swab antigen atau PCR.Asam lambung yang naik (refluks) dapat mengiritasi saluran yang dilewatinya dan menyebabkan peradangan.  Hal inilah yang juga bisa memicu batuk kering disertai bercak darah dan sesak pada anda. Namun selain itu batuk kering juga bisa dikarenakan asma, infeksi virus atau alergi dan iritasi zat yang terhirup.

Mengatasi Batuk Kering 

Untuk mengetahui penyebab pasti dari kondisi anda maka jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter secara langsung. Sementara itu anda bisa melakukan beberapa hal untuk menangani batuk kering tersebut. Berikut beberapa hal yang dapat anda lakukan:
  • kumur-kumur air garam hangat
  • minum air putih hangat dan gunakan humidifer pada ruangan berAC
  • hindari rokok, asap, debu dn alergen yang memicu alergi
  • hindari kebiasaan bernafas lewat mulut
  • perbanyak makan buah dan sayur serta vitamin C dan D3
  • melakukan protokol kesehatan 5M dengan baik dan benar
  • istirahat cukup dan olahraga rutin 
Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany
radang tenggorokanasmagerdbatukbatuk keringcoronavirus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil