Apakah bahaya jika seseorang yang psikosomatik tidak ditangani ?

UA Info Penanya: UA, Wanita, 26 Tahun
Dok, sy ingin bertanya, apa bahaya kedepan jika seseorng yg menderita psikosomatik, tidak di tanggani medis, atau psikiater?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, UA

Terima kasih atas pertanyaannya.

Bila gangguan psikosomatik tidak ditangani bisa mengakibatkan penurunan kesehatan mental secara bertahap. Semakin lama tidak ditangani maka semakin sulit diobati. Misalnya seseorang dengan depresi awalnya hanya sedikit keluhan namun semakin lama akan semakin berat keluhannya dan memerlukan terapi yang lebih intensif dan masa penyembuhan yang tidak bisa dipastikan.

Ketika gangguan psikis semakin sulit dihadapi, tubuh akan merasakan beban tambahan sehingga kadang menjadi tegang tanpa sebab, mengarah ke sakit kepala dan nyeri otot. Misalnya stres kronis menjadi gangguan pencernaan. Gejala yang awalnya hanya di pikiran bisa menjadi gejala yang nyata. Karena prosesnya di dalam otak bisa mengakibatkan perubahan kimiawi yang memberi sinyal ke tubuh. Seperti stres kronis bisa menjadi faktor resiko serangan jantung, stroke, obesitas dan kematian.

Berikut artikel mengenai tips menjaga kesehatan mental untuk kesehatan jantung.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jenis gangguan mental pada anak beragam, tergantung pada gejala gangguan mental pada anak

Berbagai Jenis Gangguan Mental pada Anak yang Harus Diwaspadai

Gangguan mental pada anak memiliki jenis yang beragam, Gejala gangguan mental pada anak pun berbeda, tergantung dengan jenis gangguan mental yang dialami. Beberapa gangguan mental pada anak yang paling umum, di antaranya: gangguan kecemasan, ADHD, gangguan perilaku disruptif, gangguan afektif, dan lain-lain.