21 Sep 2021, 21:21Penyakit Lainnya

apakah bahaya jika minum teh setelah makan?

E
Info Penanya: E0
Dokter, beberapa hari ini saya sering minum teh setelah makan. Soalnya terkadang habis makan saya suka mual. Tapi banyak yang bilang minum teh setelah makan, justru berbahaya? Apa efek samping dari minum teh setelah makan? Lalu, kapan waktu yang pas minum teh? sebelum atau setelah makan?
100 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo E,Teh adalah minuman yang sering dikonsumsi sehari-hari. Namun perlu diketahui, teh memiliki beberapa kandungan yang dapat memberikan efek pada tubuh. Misalnya kandungan tein yang bersifat mirip kafein yaitu menyebabkan peningkatan konsentrasi sehingga sebaiknya tidak diminum malam hari agar tidak mengganggu pola tidur.

Hindari minum teh setelah makan

Selain itu, teh juga dapat meningkatkan asam lambung yang menyebabkan keluhan mual dan sakit perut. Teh juga menyebabkan penurunan penyerapan zat besi dari makanan yang bisa meningkatan resiko anemia atau kekurangan darah. Efek samping lain dari teh, adalah menyebabkan konstipasi karena efek antidiarenya.Untuk keluhan mual yang Anda alami, sebenarnya keluhan dapat diatasi dengan konsumsi air mineral yang bersifat alkali atau memiliki pH 8 yang berfungsi menetralkan asam lambung sehingga mencegah mual. Namun jika mual disebabkan oleh konsumsi teh setelah makan, maka stop konsumsi teh agar keluhan tidak memburuk. Minum teh setelah makan sebenarnya tidak berbahaya asalkan pada saat yang tepat. Saat makan sebaiknya Anda mengkonsumsi air putih lalu beri jarak kurang lebih 1jam agar makanan dapat di cerna dengan baik sebelum Anda mengkonsumsi teh. Lakukan konsultasi lebih lanjut ke dokter gizi jika ada pertanyaan lain terkait nutrisi dan pola makan agar dokter dapat mengaturkannya dengan lebih baik.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
nutrisimalabsorbsi makananteh
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil