12 Jun 2021, 22:37Kulit & Kelamin

Apakah Azospermia juga perlu tes DFi?

ST
Info Penanya: ST0
Selamat malam dokter. Saya mau tanya, saudara saya tahun lalu tes sperma hasilnya azoosp dan hasilnya pada hari itu juga. Dan tahun ini mencoba untuk konsultasi ke dokter andrologi ternyata di suruh tes sperma lagi. Setelah melakukan tes sperma ternyata di tes DFI juga, hasilnya disuruh tunggu 3 minggu lagi. Apakah hasilnya masih sama tetap azoosp dokter?
37 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat siang ST,Azospermia adalah kondisi yang mana di dalam cairan mani tidak ditemukan sperma. Padahal untuk terjadinya pembuahan dibutuhkan sperma yang bertemu dengan sel telur. Penyebab azospermia ini sangat beragam mulai dari kelainan hormon, atau adanya masalah pada testis. Seperti yang diketahui bahwa testis ini bisa dianggap sebagai pabrik yang menghasilkan sperma, sehingga jika testis ini terganggu maka dengan sendirinya produksi sperma juga akan terganggu. Beberapa gangguan testis yang bisa mempengaruhi produksi sperma antara lain tortio testis, kanker testis, varikokel, dll.DFI adalah DNA fragmentation index yakni pemeriksaan untuk mendeteksi DNA sperma yang rusak, semakin banyak DNA sperma yang rusak maka akan semakin jelek kualitas spermanya. Jadi mungkin saja jumlah spermanya tidak bermasalah namun percuma saja jika DNA spermanya banyak yang rusak. Jika DNA sperma banyak yang rusak maka meski bisa membuahi sel telur maka biasanya akan menyebabkan keguguran atau kecacatan pada janin. Jika dilakukan DFI artinya ada sperma yang ditemukan di dalam air mani.

Tips meningkatkan kualitas sperma:

  • Banyak makan kacang-kacangan, taoge, brokoli, alpukat.
  • Usahakan berat badan seideal mungkin.
  • Rutin olahraga.
  • Banyak makan makanan yang mengandung zinc seperti tiram, daging, telur atau ayam.
  • Jangan merokok.
  • Tidak bergadang.
  • Banyak makan sayur dan buah.
  • Rutin minum asam folat.
Sebaiknya tunggu hasil pemeriksaannya agar lebih akurat kondisinya dan tunjukkan hasilnya ke dokter andrologi Anda.Salam sehat,dr. Vina
hamilasam folatsperma
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil