Apakah Aspirin Elektrik benar-benar tidak ada efek samping ?

BI Info Penanya: BI, Wanita
halo dok, saya ingin bertanya tentang aspirin elektrik yang dapat meredakan sakit kepala dari yang ringan hingga berat dan tanpa ada efek sampng dan tidak meninggalkan bekas luka. Apakah itu benar dok ?. Mohon penjelasannya dok dan jika ada efek sampingnya mohon dijelaskan juga dok. Terima kasih Dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi,

Aspirin elektrik adalah perangkat elektronik yang dikembangkan untuk meredakan sakit kepala. Saat ini belum banyak penelitian ataupun uji klinis dari perangkat tersebut baik efektivitas maupun efek sampingnya.

Aspirin elektrik ini bekerja dengan cara menghambat sphenopalatine ganglion atau saraf yang berkaitan dengan saraf wajah atau nervus trigeminal yang merupakan salah satu saraf yang berperan pada terjadinya sakit kepala.

Dengan dilakukannya hambatan, maka respon pada sistem saraf pusat atau pada otak terhadap adanya rangsang sakit kepala dapat dikurangi. Tapi dalam hal ini masih perlu penelitian lebih lanjut mengenai alat tersebut karena sakit kepala memiliki beragam jenis dan penyebab.

Jika sering sakit kepala, perhatikan apa pemicunya. Karena tidak jarang kebiasaan sehari-hari menjadi pemicunya dan perlu dihindari. Beberapa diantaranya seperti:

  • Pola makan yang tidak baik
  • Sering melewatkan waktu makan
  • Kurang istirahat atau kurang tidur
  • Konsumsi kafein berlebihan
  • Kurang asupan cairan
  • Kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol

Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kepala sering sakit biasanya dipicu oleh hal-hal kecil yang mungkin sering Anda sepelekan

7 Kebiasaan yang Bisa Memicu Kepala Sering Sakit

Kepala sering sakit sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun, tahukah Anda bahwa kebiasaan-kebiasaan tertentu dapat memicu sakit kepala?