19 Nov 2020, 21:18Pernapasan

Apakah asap obat nyamuk bakal lebih bahaya dari asap rokok?

AP
Info Penanya: AP0
Hallo dok. Saya mau bertanya, jadi begini tadi itu ibu saya nyalain obat nyamuk bakar di rumah bawah tapi baunya asapnya kecium sampe ke rumah atas. Padahal posisi pintu dan jendela sudah saya buka, tapi tetap saja saya merasakan sesak nafas. Dan rasanya itu seperti asap itu tertahan di pangkal tenggorokan, terus juga seperti kek panas dalam gitu.. padahal sebelumnya tidak pernah seperti itu dok. Kira-kira kenapa ya dok?
736 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat siang AP,Obat nyamuk bakar adalah salah satu cara membunuh nyamuk. Karena seperti diketahui bahwa gigitan nyamuk bisa menyebabkan penyakit demam berdarah dengue yang bila penanganannya terlambat bisa mengakibatkan kematian.Perihal napas Anda yang terasa sesak saat menghirup asap obat nyamuk bakar maka hal tersebut memang wajar terjadi karena di dalam asap obat bakar nyamuk tentu saja mengandung bahan-bahan kimia dan karbon monoksida yang dapat mengganggu pernapasan. Oleh karena itu seharusnya Anda atau anggota keluarga yang lain memperhatikan cara menggunakan obat bakar nyamuk yang benar.

Penggunaan obat bakar nyamuk atau semprotan nyamuk yang benar adalah:

  • Semprotkan obat nyamuk semprot atau bakar obat nyamuk bakar di kamar dalam kondisi kamar tertutup dan jangan ada orang yang tinggal di kamar tersebut. Tunggu sekitar 1-2 jam hingga baunya hilang baru kamar siap ditinggali.
  • Bila Anda menggunakan obat nyamuk di ruang terbuka misal di ruang keluarga, maka pasang juga kipas angin agar asapnya tidak mengganggu pernapasan Anda.
Bila Anda merasa sesak saat menghirup asapnya, maka segera keluar rumah yang udaranya terbuka. Atur napas Anda, tarik napas dalam-dalam dan hembuskan perlahan. Hindari panik, karena semakin panik maka napas akan semakin sesak. Bila keluhan sesak menetap maka sebaiknya periksa ke Rumah Sakit untuk memastikan kondisi Anda.Salam sehat,dr. Vina
sesak napasgangguan pernapasanbahaya asap rokok
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil