Apakah anak usia 2 tahun yang belum dapat berbicara mengalami keterlambatan ?

E Info Penanya: E
anak saya sudah umur 2 tahun tp, blm bisa bicara apa anak saya mengalami keterlambatan bicara ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, Erik.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kemampuan berbicara anak adalah bagian dari tumbuh kembang anak yang telah dirumuskan berdasarkan penelitian nasional yang mengacu pada acuan internasional.

Secara umum, panduan perkembangan normal anak yang terkait dengan kemampuan bicara antara usia 1-2 tahun adalah sebagai berikut :
  • mengucakan setidaknya satu kata
  • mengucapkan "ma-ma" atau "pa-pa"
  • belajar satu kata baru setiap minggunya dimulai dari usia 18-24 bulan
  • dan lebih lanjut untuk usia dua tahun keatas sudah mampu mengcap 50-100 kata, mampu membuat kalimat setidaknya terdiri dari dua kata, dan sebagian ucapannya sudah dapat dimengerti

Mengenai pertanyaan Anda, perlu dilakukan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut oleh dokter Spesialis Anak khususnya konsulen tumbuh kembang dan Psikolog yang berada di klinik tumbuh kembang anak, apabila sudah ada tanda-tanda seperti, tidak adanya pengucapan setidaknya tiga kata hingga usia 15 bulan dan setidaknya 25 kata sampai dengan usia 2 tahun atau adanya kesulitan pengucapan dan artikulasi kata yang baik.

Walaupun para ahli menyepakati bahwa patokan usia yang pasti tidaklah ada dalam mendiagnosis keterlambatan bicara, namun, alangkah lebih baik untuk memeriksakan anak sedini mungkin apabila Anda memilki kekhawatiran akan kemampuan berbicara anak dibandingkan dengan anak sebayanya, walaupun setiap anak dapat berbeda perkembangannya, akan tetapi apabila terdapat indikasi keterlambatan berbicara, terapi sejak dini akan dapat dimaksimalkan dan terbukti lebih efektif.

Berikut saya sertakan artikel mengenai cara yang dapat Anda coba untuk membantu kemampuan bicara anak dirumah seabagi informasi tambahan.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anda bisa mendukung perkembangan anak melalui permainan yang menyenangkan.

6 Langkah untuk Membantu Perkembangan Anak Prasekolah

Masa prasekolah merupakan periode emas anak yang membutuhkan perhatian lebih. Tak hanya mebutuhkan tanggung jawab besar, hal tersebut juga menuntut Anda bersikap cerdas dalam mendukung perkembangan anak dan membentuk kepribadiannya.