Apakah Anak Mengalami Gagal Tumbuh Jika Berat Badan Belum Sesuai?

DZ Info Penanya: DZ, Wanita, 24 Tahun
Halo Dokter, saat ini bayi perempuan saya berusia enam bulan dua minggu. Pada saat usia enam bulan, bayi saya memiliki berat badan seberat 6,2 kg. Sementara waktu bayi saya lahir, beratnya 3,4 kg. Saya sempat membaca beberapa informasi bahwa idealnya anak berusia enam bulan memiliki berat badan dua kali dari berat lahirnya. Namun, anak saya belum memiliki berat badan tersebut. Padahal, sejak bayi saya lahir sampai ia berusia enam bulan, saya selalu memberikan ASI eksklusif. Barulah pada saat bayi saya berusia enam bulan baru saya berikan MPASI. Bayi saya sekarang ini dapat berguling, tengkurap, dan kepalanya bisa tegak saat dibantu duduk dengan bersandar. Selain itu, bayi saya juga sering sekali berkeringat. Apakah bayi saya gagal tumbuh? Mohon informasinya, terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang Bu DZ,

Berat badan bayi umur 7 bulan laki-laki  adalah 6.7 kg sampai 10 kg, dan bayi perempuan adalah 6.1 kg sampai 9,6 Kg, dan berarti saat ini berat badan anak ibu masih sedikit berkurang dari angka normal. Untuk anak usia 7 bulan jenis makanan yang sudah dapat diberikan selain ASI dan PASI maka dapat ditambahkan dengan  bubur susu atau bubur tim dua kali sehari, sari buah atau buah segar seperti pisang dan alpukat sekali sehari, biskuit bayi sebagai camilan sekali sehari.

Penggolongan gagal tumbuh kembang adalah penggolongan diagnosis yang kompleks dan memerlukan pemeriksaan dokter secara menyeluruh bukan hanya dari kurangnya berat badan anak. Jadi sebaiknya Ibu lebih memfokuskan diri untuk mengejar ketinggalan berat badan anak, dan tidak mencemasakan hal lainnya dulu. Bayi sangat mudah terpengaruh dengan perubahan suhu lingkungannya sehingga sangat mudah kedinginan dan kepanasan. Perhatikan kondisi suhu ruangan tempat bayi berada, supaya tidak dalam kondisi ekstrim.

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Waspadai perilaku rewel pada anak, yang bisa menjadi gejala stres.

Anak Juga Bisa Stres, Begini Cara Menghilangkan Stres pada Anak !

Tidak hanya pada orang dewasa, stres juga bisa terjadi pada anak-anak. Sayangnya, belum banyak orangtua yang sadar akan hal ini. Anda dapat melihat bagaimana perubahan suasana hati pada anak hingga memantau perilaku anak di sekolah untuk memastikan apakah anak Anda mengalami stres.