Apakah anak 18 bulan belum bisa berjalan masih normal ?

FQ Info Penanya: FQ, Wanita, 26 Tahun
Saya seorang ibu yg mempunyai anak laki-laki berusia 15 bulan, sampai saat ini anak saya belum bisa berjalan, merangkak pun menggunakan dadanya, apa mungkin ini pengaruh dari tulang belakang yg agak melengkung, apa itu normal dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi FQ,

Pada manusia untuk bergerak dipengaruhi oleh 2 sistem yakni otot (sistem gerak aktif) dan tulang (sistem gerak pasif). Pada beberapa kondisi ada beberapa kelainan pada bentuk tulang yakni Kifosis (bengkok kedalam), Lordosis (bengkok kedepan), skoiliosis (bengkok kesamping). 

Untuk bergerak secara normal maka diperlukan kemampuan otot yang normal serta bentuk tulang yang normal, oleh karena itu pergerakan bisa terjadi namun jika dilihat dari usia seorang anak dikatakan terlambat berjalan jika sudah 18 bulan dan masih belum bisa berjalan. Keterlambatan dalam berjalan pada anak juga bisa disebabkan kurangnya support atau dukungan dari orang tua untuk memberikan latihan berjalan secara rutin pada anak. 

Beberapa hal yang bisa dikatakan bahwa seorang anak terlambat berjalan yakni

  1. Usia 18 bulan keatas namun masih belum bisa berjalan
  2. Bentuk kaki dan arah gerakan yang berbeda kaki kiri serta kanan
  3. Saat anak hanya bisa berjalan jinjit 

Sebaiknya anda konsultasikan dengan dokter spesialis anak jika ada pertarnyaan lebih lanjut. Berikut saya sertakan artikel Gangguan koordinasi perkembangan anak untuk menambah wawasan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Ghifara Zuhda

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bintitan biasanya hanya terjadi pada satu kelopak mata

Waspadai Benjolan di Kelopak Mata Anak Sebagai Tanda Bintitan

Bintitan adalah infeksi pada kelopak mata yang ditandai dengan munculnya benjolan merah berisi nanah yang menyakitkan. Gejalanya adalah benjolan kemerahan, pembengkakan dan nyeri pada kelopak mata.