Apakah anak 15 tahun boleh pakai krim wajah?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Dokter, mau nanya.. apakah krim kelly aman digunakan untuk anak usia 15 tahun? Saya takut kulitnya belang dong, apalagi remaja sering berkegiatan diluar. Mohon informasinya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, FF.

Penggunaan krim wajah bagi usia 15 tahun boleh-boleh saja, asalkan kandungan krim sesuai dengan usia dan jenis kulit. Hindari juga bahan-bahan kimia berbahaya dalam krim wajah, seperti merkuri, asam retinoat, dan hidrokuinon. 

Apabila anak sering melakukan aktivitas di luar rumah dan terpapar sinar matahari, akan lebih efektif menggunakan sunblock daripada krim untuk mencegah kulit menjadi belang. Gunakan sunblock yang diformulasikan untuk kulit wajah remaja, ya. Apabila membeli produk secara daring, pastikan produknya asli.

Lalu, pastikan merek dagang produk perawatan kulit yang digunakan terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Berikut terlampir tautan tentang cara mengecek apakah sebuah produk terdaftar atau tidak.

Selain menggunakan produk perawatan yang sesuai usia, berikut hal-hal lain yang sebaiknya dilakukan oleh remaja agar kulit tetap terjaga:

  • Mengonsumsi air putih yang cukup, agar kulit tetap terhidrasi
  • Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C dan E, misalnya buah kiwi
  • Hindari asap, debu, dan polusi
  • Hindari paparan sinar matahari terlalu lama
  • Rutin mencuci muka setiap habis bepergian
  • Gunakan sarung bantal dan sprei yang bersih, agar kulit tidak iritasi

Untuk informasi lebih lanjut, atau apabila ada keluhan kesehatan terkait kulit pada anak Anda, silakan berkonsultasi secara langsung kepada dokter spesialis kulit dan kelamin, ya. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Perubahan hormon merupakan penyebab utama jerawat pada remaja

Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat pada Remaja

Kelenjar minyak yang terlalu aktif dapat menjadi penyebab jerawat. Cara mencegah timbulnya jerawat dapat dengan mencuci wajah dan leher dua kali sehari menggunakan sabun muka untuk mencegah jerawat.