Apakah ampuh mengatasi jerawat?

K Info Penanya: K, Pria, 21 Tahun
Selamat malm dok, mau tanya. Wajah ku lagi tumbuh jerawat mnurt aku jerawat nya gk parah bngt, ada yg nyaranin buat pakai benzoyl peroxcide & vitacid. Kira2 itu aman gk ya dok buat wajah & benar ampuh buat ngempesin/ mengatasi jerawat gk ya?Terimakasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang KK,

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang paling sering timbul hampir semua orang pernah mengalaminya. Jerawat sendiri dapat timbul karena peradangan pada folikel rambut pada beberapa bagian tubuh dimana wajah, punggung dan dada menjadi area yang sering muncul jerawat. Disebabkan oleh beragam faktor seperti hormonal, stres, faktor kebersihan, aktivitas harian, stres, pola makan dan lainnya.

Jerawat sendiri dapat beragam jenisnya dan disertai gejala seperti kemerahan, timbul bintil jerawat, dapat menimbulkan pori-pori terbuka atau tersumbat, dapat berisi nanah dan menimbulkan rasa nyeri.

Untuk mengatasi jerawat sendiri dapat dilakukan sejumlah upaya seperti:

  • Menggunakan obat oles yang dapat dibeli tanpa resep dokter yang mengandung benzoil peroxide, asam salisilat, sulfur atau retinol topikal
  • Menjaga asupan makanan dimana perlu dihindari makanan yang mengadung minyak dan protein berlebih
  • Menjaga kebersihan diri terutama wajah
  • Jika menggunakan make up agar dibersihkan dengan baik setelahnya
  • Gunakan pelindung wajah jika beraktivitas di luar ruangan
  • Kelola stres dengan baik
  • Banyak minum air putih dan mengelola stres dengan baik

Jika keluhan jerawat tidak membaik atau bertambah banyak atau timbul peradangan, periksakan diri pada dokter kulit atau dokter kecantikan untuk penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Benjolan di belakang telinga kadang membuat penderitanya takut dan khawatir.

Benjolan di Belakang Telinga Tidak Selalu Berbahaya, Kenali Berbagai Penyebabnya!

Benjolan di belakang telinga kadang membuat penderitanya takut dan khawatir. Padahal kenyataannya tidak selalu demikian. Terdapat berbagai kondisi, mulai dari ringan hingga berat yang dapat menyebabkan munculnya benjolan di belakang telinga.