Apakah aman workout setelah operasi pasang mesh hernia?

J Info Penanya: J, Pria, 2019 Tahun
Halo dok, saya mau tanya apakah aman workout angkat barbell setelah 2 bln operasi pasang mesh hernia? Soalnya kok agak nyeri di bagian perut tmpat oprasinya. Ga terlalu nyeri sih, tpi khawatir aja. Terimakasi.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang J,

Hernia merupakan adanay kelemahan pada jaringan otot atau jaringan ikat yang menimbulkan organ lain dapat masuk atau menembus seperti misalnya organ usus yang menembus masuk ke area lain. Hernia sendiri ada beragam jenis dan lokasinya dimana penanganan dari hernia sendiri adalah dengan perubahan gaya hidup, pengobatan ataupun tindakan operasi. Operasi sendiri dapat dilakukan dengan beberapa teknik baik memperbaiki jaringan yang tertembus ataupun dengan pemasangan mesh untuk menjaga agar dinding yang lemah tidak tertembus kembali.

Pasca operasi sendiri diperlukan waktu antara 1-2 bulan untuk dapat beraktivitas kembali, tetapi perlu dilakukan secara bertahap, olahraga yang dilakukan pun baiknya adalah olahrga ringan. Selain itu penting untuk merubah kebiasaan dan gaya hidup agar keluhan tidak berulang. 

Olahraga berat seperti angkat barbel jika melibatkan otot perut tentunya dapat memberikan tekanan dan beban yang dapat menimbulkan rasa nyeri pada lokasi operasi atau juga dapat memicu kembali terjadinya hernia. Untuk itu ada baiknya menghindari olahraga beban agar tidak kembali terjadi hernia. Kompres bagian yang terasa nyeri dengan kompres dingin atau konsumsi obat pereda nyeri jika diperlukan. Perhatikan juga kondisi pencetus lain seperti batuk lama, sulit buang air besar, kelebihan berat badan ataupun kebiasaan seperti merokok yang dapat memicu batuk lama. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penderita kelainan tulang belakang skoliosis harus tahu batasan dan jenis olahraga yang boleh dilakukan

Ini Olahraga yang Aman untuk Penderita Kelainan Tulang Belakang Skoliosis

Penderita kelainan tulang belakang skoliosis boleh tetap melakukan olahraga. Beberapa latihan ringan maupun berbagai cabang olahraga yang bisa dilakukan, antara lain mengangkat panggul, berenang, dan yoga.